Earth Hour di Bogor, Begini Perhitungan Penghematan dari PLN | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Earth Hour di Bogor, Begini Perhitungan Penghematan dari PLN

Foto Earth Hour di Bogor, Begini Perhitungan Penghematan dari PLN

Uri.co.id (Earth Hour di Bogor, Begini Perhitungan Penghematan dari PLN) , BOGOR – Sejumalah elemen melakukan kampanye hemat energi dan penyelamatan lingkungan ‘Earth Hour’, termasuk PLN wilayah Bogor, Jawa Barat.

Dalam kampanye hemat energi ini, semua pihak diminta memadamkan listrik di rumah atau di kantor selama satu jam, mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB. PLN wilayah Bogor mengukur penurunan penggunaan daya listrik saat pemadaman terjadi, Sabtu malam (19/3).

Manager PLN Area Bogor, Widodo mengatakan, sebelum pelaksanaan Earth Hour, beban listrik yang disalurkan PLN dari gardu induk Tanah Baru sebesar 177 megawatt (MW).

Terjadi penurunan beban listrik sebesar enam megawatt, kalau diakumulasikan satu jam setara dengan 6.000 kilo watt. “Jika dirupiahkan, PLN Area Kota Bogor dapat berhemat sebesar Rp8,1 juta. Jika satu kwh setara dengan Rp1.350 rupiah,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, jika kampanye hemat energi ini dilakukan oleh masyarakat secara menyeluruh, maka penurunan beban listrik akan semakin besar. Penghematan energi dan biaya untuk mengalirkan listrik akan lebih besar lagi.

“Memang jika dinominalkan sedikit nilai rupiahnya, tetapi, edukasi kepada masyarakat dengan memadamkan lampu selama satu jam berdampak luas, selain hemat energi juga hemat bahan bakar,” katanya.

Widodo menuturkan, PLN area Bogor menyalurkan listrik sebesar 800 MW setiap harinya kepada 1.050.000 pelanggan yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

Widodo menambahkan, gerakan Earth Hour dapat membentuk perilaku masyarakat untuk hemat dalam penggunaan energi.

Di Bogor, kampanye hemat energi dan penyelamatan lingkungan Earth Hour dengan mematikan lampu dipusatkan di Balai Kota. Terdapat 40 partisipan yang ikut serta memadamkan lampu, terdiri dari kantor pemerintahan, perhotelan dan ikon Kota Bogor seperti Tugu Kujang dan sejumlah taman.(red/Amin/adani/MM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id