Kemenag Sulsel: Kemungkinan 1 Syawal Pada 5 Juni

oleh

Makassar – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memantau hilal. Pemantauan saat ini tak bisa melihat hilal lantaran hasil negatif, dengan ketinggian minus 0,24 di bawah ufuk.

“Lebih duluan bulan terbenam dari pada matahari, ketika posisi itu bulan di bawah ufuk sehingga tidak terlihat dan sangat besar tidak terlihat (hilal),” kata Kakanwil Kemenag Sulsel, Anwar Abubakar, di Roof Top, Mal GTC Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Makassar, Senin (3/6/2019).

Anwar menjelaskan jika tak terlihatnya hilal di Makassar dipastikan puasa akan genap 30 hari. Lebaran diperkirakan akan jatuh pada Rabu 5 Juni 2019.
“Sehingga akan terjadi istiqbal puasa akan jadi 30 hari, kemungkinan kita akan lebaran 1 Syawal tanggal 5 Juni 2019,” jelasnya.

Meski begitu, pihaknya akan membawa hasil ini pada Sidang Isbat di Jakarta dan menunggu keputusan Kementerian Agama di Jakarta.

“Sambil menunggu hasil sidang isbat Kementerian Agama. Iya di semua Provinsi di semua titikal rukyatul hilal, hasilnya akan melaporkan hasil pemantauan ke Kementerian Agama,” paparnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!