Politisi Katalunya: Pelarangan Bendera di Final Piala Raja Memalukan | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Politisi Katalunya: Pelarangan Bendera di Final Piala Raja Memalukan

Foto Politisi Katalunya: Pelarangan Bendera di Final Piala Raja Memalukan

Uri.co.id (Politisi Katalunya: Pelarangan Bendera di Final Piala Raja Memalukan) , BARCELONA – Menteri sekaligus juru bicara pemerintahan regional Katalunya, Neus Munte, menganggap pelarangan pengibaran bendera Katalunya di final Piala Raja 2015-2016 merupakan tindakan yang sewenang-wenang dan tidak adil. Sebaliknya, kata Munte, pemerintah Madrid justru mengizinkan sekelompok suporter yang menyanyikan mars Neo-nazi.

“Menurut saya ini (pelarangan bendera) adalah hal yang memalukan dan legal. Banyak orang akan memobilisasi semua warga sipil yang damai di jalanan untuk menghasut melakukan kekerasan,” ujar Munte seperti dikutip dari Marca.

Seperti yang sudah-sudah, laga final Piala Raja yang melibatkan salah satu klub duopoli Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, akan menimbulkan masalah untuk urusan ekspresi politik. Musim ini, Barcelona akan bermain menghadapi Sevilla di markas Atletico Madrid yang terletak di wilayah pemerintahan regional Madrid.

“Estelada (bendera Barcelona) menyimbolkan banyak hal positif, bendera yang diacungkan oleh banyak anak-anak dalam semua kehidupan masyarakat sipil dan demonstrasi damai yang dilakukan di Katalunya dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Munte.

Final kali ini merupakan “perang gengsi” antara Madrid dan Barcelona. Dengan Barcelona sebagai juara La Liga Spanyol terbaru, Madrid seakan-akan tidak membebaskan “calon negara baru” ini mengekspresikan simbol kemerdekaan mereka.(red/itra/istya/ini/CLR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id