Hari Buruh Hiasi Google Doodle Hari Ini | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Hari Buruh Hiasi Google Doodle Hari Ini

Foto Hari Buruh Hiasi Google Doodle Hari Ini

Uri.co.id (Hari Buruh Hiasi Google Doodle Hari Ini) , JAKARTA – Setelah sehari sebelumnya Google memperingati kelahiran Claude Shannon yang ke-100 tahun dengan membuat animasi menarik di Doodle, hari ini, Minggu (1/4/2016), tampilan Doodle kembali berubah. Google ternyata tengah memperingati hari buruh atau juga disebut May Day yang jatuh pada 1 Mei.

Karenanya jika membuka halaman utama Google hari ini, Minggu (1/4/2016) maka tampilan doodle terlihat lebih menarik.

Sebagai apresiasi di hari buruh, tulisan pada logo Google dihiasi dengan berbagai aktivitas dengan segala rutinitas pekerjaan yang dilakukan para buruh.

Lantas seperti apa sejarah lahirnya hari buruh yang juga dikenal May Day itu diperingati setiap tanggal 1 Mei? Berikut sejarah singkat lahirnya hari buruh yang dilansir dari wikipedia Indonesia.

Hari buruh atau May Day merupakan hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Hari buruh lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat.

Ada dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja, Peter McGuire dan Matthew Maguire, seorang pekerja mesin dari Paterson, New Jersey.

Pada 5 September 1882, parade hari buruh pertama diadakan di kota New York dengan peserta 20.000 orang yang membawa spanduk bertulisan 8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi. Maguire dan McGuire memainkan peran penting dalam menyelenggarakan parade ini. Dalam tahun-tahun berikutnya, gagasan ini menyebar dan semua negara bagian merayakannya.

Tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada Konggres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions untuk, selain memberikan momen tuntutan delapan jam sehari, memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.

Tanggal 1 Mei dipilih karena pada 1884 Federation of Organized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada 1872, menuntut delapan jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886.

Dengan semua perjuangan tersebut makanya wajar saja jika Google memasang Doodle hari ini dengan hiasan para pekerja di hari buruh atau juga dikenal may day.(red/srar/tah/II)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id