Mantap, Integrasi Sekolah Se-Asia Tenggara Bakal Terwujud | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Mantap, Integrasi Sekolah Se-Asia Tenggara Bakal Terwujud

Foto Mantap, Integrasi Sekolah Se-Asia Tenggara Bakal Terwujud

Uri.co.id (Mantap, Integrasi Sekolah Se-Asia Tenggara Bakal Terwujud) , BANDUNG – Selain dalam skema kerjasama di bidang ekonomi, negara-negara se Asia Tenggara menggaas kerjasama di bidang pendidikan. Setidaknya ini menjadi salah satu agenda penting davam pertemuan Menteri Pendidikan se Asia Tenggara di Bandung baru-baru ini.

Pertemuan tersebut menyepakati integrasi antarsekolah. Intergrasi ini menyangkut sistem pembelajaran bersama ini, supaya persatuan di Asia Tenggara akan semakin kuat.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, kerjasama pendidikan antarnegara Asia Tenggara tidak hanya sebatas ingin memajukan pendidikan setiap negara. Tapi bisa menjadi peran nyata kontribusi dari kalangan generasi baru di tiap negara.

“Harapan kami ialah agar bisa mempelajari materi yang sama melalui jaringan antarsekolah di Asia Tenggara,” kata Menteri Anies dalam penutupan Dialog Strategis Kedua Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara yang diadakan Kemendikbud dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) di Bandung.

Menteri Anies mengatakan, gagasan tersebut awalnya disampaikan delegasi Filipina setelah melihat salah satu sekolah di Bandung. Mereka menyampaikan, sekolah itu sudah mempunyai sarana teknologi dan komunikasi yang sangat baik.

Akan lebih baik jika sarana itu dimanfaatkan, disambungkan ke sekolah berbagai negara sehingga antarsiswa bisa mempelajari tema dan berbagi materi secara bersamaan. Dan untuk itu, Menteri Anies akan menugaskan Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud untuk merealisasikan ide tersebut.

SEAMEO College merupakan bentuk kerjasama regional bidang pendidikan yang unik, karena berbentuk lembaga virtual. Melalui SEAMEO College, hasil dialog para menteri pendidikan akan diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan inovasi di bidang pendidikan di seluruh kawasan Asia Tenggara.

“Untuk berkembang dalam persaingan global, kita perlu bekerja sama dengan erat dan memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal. Nobody gets left behind,” ujarnya.(red/ayu/ermawan/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id