5 Fakta Claude Shannon yang Menghiasi Google Doodle Hari Ini | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

5 Fakta Claude Shannon yang Menghiasi Google Doodle Hari Ini

  • Reporter:
  • Sabtu, April 30, 2016
Foto 5 Fakta Claude Shannon yang Menghiasi Google Doodle Hari Ini

Uri.co.id (5 Fakta Claude Shannon yang Menghiasi Google Doodle Hari Ini) , JAKARTA – Claude Shannon menjadi paling dicari di Google hari ini, Sabtu (30/4/2016). Menempati kata kunci teratas di Google, Claude Shannon dicari sampai 200 ribu orang.

Ternyata hari ini, Sabtu (30/4/2016), Claude Shannon merayakan hari ulang tahunnya yang ke-100. Shannon diketahui lahir di Petoskey, Michigan, pada hari Minggu, April 30, 1916.

Berikut sedikitnya 5 fakta yang mengungkap siapa Claude Shannon sebenarnya yang menghiasi Google Doodle hari ini.(red/Akbar/M)

Claude Shannon dikenal sebagai ahli teknik dan matematikawan. Shannon diketahui sangat menyukai dua tata pelajaran ilmu pengetahuan dan matematika. Dua mata pelajaran tersebut menjadi mata pelajaran terbaiknya.

Dengan kesukaannya pada ilmu pengetahuan dan matematika, Claude Shannon membuat alat seperti model pesawat, model perahu dikendalikan melalui isyarat radio dan telegraf untuk rumah temannya yang berjarak setengah mil.(red/Akbar/M)

Wajar saja Claude Shannon mendapat julukan sebagai ahli teknik dan matematikawan. Hal itu terbukti dengan kehebatannya meraih dua gelar sarjana sekaliggus di tahun 1936. Dimana Claude Shannon mendapat gelar sarjana rangkap yakni Sarjana Muda Teknik Elektro dan Sarjana Muda Matematika.(red/Akbar/M)

Tahun 1936 lulus dari Michigan, Claude Shannon kemudian melanjutkan studinya mengenai teknik elektro listrik di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Sebagai peniliti di MIT, Claude Shannon mulai menerapkan teori Aljabar Boolean dimana ‘1’ Benar dan ‘0’ salah. Ketika diaplikasikan pada papan sirkuit maka nilai ‘1’ adalah Aktif sedangkan nilai ‘0’ adalah Lepas. Dari berbagia penelitian inilah komputasi secara digital mulai hadir.

Pencapaian luar biasa bagi  Claude Shannon karena di usia 21 tahun sudah meraih gelar di MIT. Hal itu sudah cukup menunjukkan betapa jenius seorang Claude Shannon.(red/Akbar/M)

Claude Shannon sangat dikenal sebagai bapak teori informasi. Shannon menggabungkan teori matematika dengan prinsip rekayasa untuk mengatur panggung untuk pengembangan komputer digital dan revolusi komunikasi digital modern.

Dari berbagai penelitian inilah komputasi secara digital mulai hadir. Claude Shannon akhirnya dikenal sebagai ‘Bapak Teori Informasi’.(red/Akbar/M)

Claude Shannon sangat berkontribusi di bidang kriptanalisis untuk pertahanan nasional selama Perang Dunia II, termasuk pekerjaan dasar nya pada codebreaking dan telekomunikasi aman.

Dengan semua jasanya, Claude Shannon yang meninggal pada 24 Februari 2001, lahirlah dasar-dasar komputer analog dan komputer digital yang kini bisa dinikmati oleh semua orang.(red/Akbar/M)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id