Tips: 5 Persiapan Keuangan sebelum Menikah Tahun Ini | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Tips: 5 Persiapan Keuangan sebelum Menikah Tahun Ini

Foto Tips: 5 Persiapan Keuangan sebelum Menikah Tahun Ini

Uri.co.id (Tips: 5 Persiapan Keuangan sebelum Menikah Tahun Ini) , JAKARTA– Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Canoodle.com pada 2013 mengungkapkan sebanyak 22 persen responden mengatakan umur 26-29 tahun merupakan periode yang paling tepat untuk menikah.

Karena itu, tahapan ang harus dilakukan sekarang adalah, melakukan perencanaan keuangan yang matang agar pernikahan dapat berjalan lancar dan manis ke depannya.

Nah, berikut Enam nasihat keuangan terbaik yang wajib disimak untuk Anda yang akan melepas masa lajangnya, seperti dikutip berbagai sumber, Sabtu (29/4/2016).

1. Siapkan Dana Tabungan dan Investasi Bersama Pasangan
Bila Anda dan calon pasangan Anda sudah saling mengetahui jumlah gaji bulanan masing-masing, rencanakan berapa yang disisihkan untuk diinvestasi dan ditabung atas nama berdua.

Sebaiknya sisihkan dari awal sebesar 20-40 persen untuk ini. Ingat, Anda dan pasangan Anda harus tetap komitmen dan disiplin dalam mempersiapkan dana tabungan dan investasi yang tentunya akan berguna bagi keluarga Anda nanti.

2. Diskusikan Pesta Pernikahan dengan Pasangan Anda
Jika Anda berbicara mengenai pernikahan, maka pesta pernikahan merupakan salah satu hal yang paling menjadi perhatian utama bagi Anda dan pasangan. Kalian harus benar-benar mendiskusikan hal-hal dan biaya yang menyangkut pesta pernikahan ini.

Apakah Anda berdua akan menanggung biaya pesta pernikahan ini secara 50:50 atau yang lainnya. Usahakan juga persiapkan segala hal yang berhubungan dengan pesta pernikahan jauh-jauh hari guna meminimalisir budget yang akan Anda dan pasangan keluarkan nantinya.

3. Stop Menyewa Rumah atau Apartemen, Belilah Secepatnya
Menyewa apartemen atau mengontrak rumah bukanlah merupakan solusi yang terbaik. Oleh karena itu, diskusikan dengan pasangan Anda untuk segera membeli rumah. Belilah rumah yang sesuai dengan budget Anda dan pasangan.

Anda tidak harus menempati rumah tersebut selamanya bukan? Bisa saja dalam beberapa tahun ke depan Anda memiliki sejumlah uang ditambah dengan hasil jual rumah yang Anda miliki saat ini, Anda dan pasangan dapat membeli rumah yang lebih baik.

4. Stop Belanja Barang- barang Tidak Berguna
Saat bernecana menikah, jangan membiasakan untuk belanja barang- barang selain barang pokok. Jika anda biasa belanja aksesoris, sisihkan uang tersebut untuk perlengkapan pernikahan saja.

5. Tetap Sisihkan Uang untuk Bersedekah
Menyisihkan dana sedikitnya 2,5 persen dari pendapatan bulanan Anda dan pasangan untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan adalah suatu kebaikan.

Seperti yang dikatakan oleh Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill “We make a living by what we get, but we make a life by what we gife”. So, buatlah hidup Anda dan pasangan Anda menjadi lebih berarti dengan sering memberi kepada sesama untuk berbagi kebahagiaan yang Anda dan pasangan rasakan.

6. Bicarakan Urusan Keuangan dengan Calon
Ketika sepasang kekasih memutuskan untuk menikah, maka keduanya telah sepakat akan selalu bersikap transparan dalam segala hal,termasuk urusan finansial. Untuk itu, bagi para wanita yang ingin menikah, bicarakan hal-hal yang menyangkut keuangan dengan calon suami.

Misalnya, Anda memiliki gaji 5 juta rupiah per bulan dan suami Anda memiliki gaji 8 juta rupiah per bulan, maka bicarakan bagaimana pembagian biaya bulanan dari gabungan pendapatan bulanan Anda berdua. Ingat, semuanya harus transparan demi menjaga kelancaran hubungan pernikahan Anda berdua termasuk juga mengenai urusan keuangan.

(Sikah )

(red/wi/urdaningsih/DM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id