Claude Shannon Hiasi Google Doodle Hari Ini, Berikut Profil Singkatnya | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Claude Shannon Hiasi Google Doodle Hari Ini, Berikut Profil Singkatnya

Foto Claude Shannon Hiasi Google Doodle Hari Ini, Berikut Profil Singkatnya

Uri.co.id (Claude Shannon Hiasi Google Doodle Hari Ini, Berikut Profil Singkatnya) , JAKARTA – Claude Shannon hiasi Google Doodle hari ini, Sabtu (30/4/2016). Siapakah sebenarnya Claude Shannon? Berikut profil singkat Claude Shannon yang menghiasi Google Doodle hari ini.

Claude Elwood Shannon atau lebih dikenal Claude Shannon berulang tahun ke-100 hari ini, Sabtu (30/4/2016). Claude Shannon yang lahir di Petoskey, Michigan, pada hari Minggu, April 30, 1916 itu merupakan anak pasangan Claude Sr dan Mabel Wolf Shannon.

Claude Shannon merupakan seorang ahli matematika. Selain ahli matematika, Claude Shannon pun dikenal sebagai insinyur listrik. Claude Shannon menunjukkan suatu kecenderungan ke arah hal-hal mekanik.

Claude Shannon tercatat pernah membuat alat seperti model pesawat, model perahu dikendalikan melalui isyarat radio dan telegraf untuk rumah temannya yang berjarak setengah mil.

pada tahun 1932, Claude Shannon masuk ke universitas Michigan. Di tempatnya menimba ilmu tersebut akhirnya Claude Shannon diperkenalkan dengan karya dari George Boole dan Claude berhasil meraih dua gelar sarjana sekaligus dalam bidang matematika dan teknik listrik.

Dengan dua gelar tersebut menunjukan bagaimana minat Claude Shannon akan rancang bangun dan matematika yang dilanjutkan selama kariernya. Pada tahun 1936 ia menerima posisi asisten riset di Departemen Teknik Elektro di Massachusetts Institut of Technology.

Claude Shannon juga dikenal sebagai bapak teori informasi. Shannon menggabungkan teori matematika dengan prinsip rekayasa untuk mengatur panggung untuk pengembangan komputer digital dan revolusi komunikasi digital modern. Itulah fakta tentang Claude Elwood Shannon.

Sebagai peniliti di MIT, Claude Shannon mulai menerapkan teori Aljabar Boolean dimana ‘1’ Benar dan ‘0’ salah. Ketika diaplikasikan pada papan sirkuit maka nilai ‘1’ adalah Aktif sedangkan nilai ‘0’ adalah Lepas. Dari berbagia penelitian inilah komputasi secara digital mulai hadir.

Namun sayangnya pada 24 Februari 2001 Claude Shannon meninggal dunia. Meski begitu berbagai pencapaiannya tetap dikenang hingga kini. Karena itu pula yang membuat Google memasang Doodle menarik dengan animasi gambar yang menarik pada halaman depan mesin pencarinya dengan karakter seorang pria sedang melempar angka-angka.(red/atya/estiani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id