5 Makanan dan Minuman Penyebab Bau Mulut | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

5 Makanan dan Minuman Penyebab Bau Mulut

Foto 5 Makanan dan Minuman Penyebab Bau Mulut

Uri.co.id (5 Makanan dan Minuman Penyebab Bau Mulut) , New York- Kebersihan mulut yang tidak baik tentu saja menjadi sumber utama bau mulut. Jika tidak menyikat gigi dengan bersih, maka sisa makanan akan diuraikan oleh bakteri yang akan menghasilkan gas kimia volatile sulfur compounds (VSCs).

Tentunya, makanan dan minuman menjadi sumber utama bau mulut. Melansir laman Readers Digest, Jumat (29/4/2016), berikut lima makanan atau minuman yang biasa kita konsumsi penyebab bau mulut hadir:

1. Kari
Beberapa peneliti meyakini kari bisa mengurangi bau mulut karena terdapat minyak esensial yang sama dengan obat kumur. Namun studi di 2004 di Journal of Clinical Periodontology menyebutkan minyak ini tidak terlalu efektif dalam mengurangi bau mulut. Sehingga bumbu-bumbu berbau tajam di kari masih akan tertinggal di mulut.

2. Kopi
Kehadiran air liur di mulut untuk ‘membilas’ bakteri yang ada. Namun mengonsumsi kopi memperlambat produksi air liur sehingga bakteri bertambah dan menyebabkan aroma mulut tidak sedap. Segera minum banyak air untuk mengurangi pengaruh kopi.

3. Keju
Kehadiran asam amino pada keju dan produk olahan susu lainnya bereaksi dengan bakteri di mulut. Mereka menghasilkan senyawa belerang yang mudah menguap sehingga membuat mulut berbau seperti telur busuk.

4. Steak
Daging merah merupakan sumber protein yang terbuat dari asam amino. Seperti produk-produk susu, mengonsumsi steak membuat nutrisi bereaksi dengan bakteri.

5. Wine
Konsumsi alkohol menyebabkan dehidrasi sehingga produksi air liur di mulut lebih sedikit. Ketika air liur sedikit, jumlah bakteri di mulut jadi lebih banyak. Inilah yang memicu aroma yang keluar dari mulut tidak sedap.

Oleh karena itu, mengonsumsi air minum dalam jumlah cukup itu penting agar terhidrasi dan membilas bakteri di mulut Anda sehingga tak bau mulut.

(red/ndira/ezkisari/IR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id