Keren Nih, Mahasiwa Sidoarjo Ciptakan Robot Pemadam Api | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Keren Nih, Mahasiwa Sidoarjo Ciptakan Robot Pemadam Api

Foto Keren Nih, Mahasiwa Sidoarjo Ciptakan Robot Pemadam Api

Uri.co.id (Keren Nih, Mahasiwa Sidoarjo Ciptakan Robot Pemadam Api) , SIDOARJO – Tiga orang mahasiwa perguruan tinggi swasta di Sidoajo Jawa Timur berhasil mencitapkan robot yang berfungsi untuk mendeteksi sekaligus memadamkan api.

Upaya mereka tak terlepas dari fenomena kebakaran yang belakangan banyak terjadi. Pengerjaan robot tersebut dimulai pada 2014 oleh Tri Wahyudi, Bingar dan Tegar. Robot tersebut dilengkapi dengan sensor api dan upaya pemadamannya. Robot yang dinamai Robo Sognare V3 ini merupakan robot kecil yang mampu mendeteksi titik api di suatu ruangan.

“Meski tampak sederhana, robot ini dilengkapi dengan Uvitrone TPA 81 atau sensor api, SRF 04 atau sensor jarak ultrasonik serta servo sehingga mampu berjalan sendiri ke arah titik api dan langsung memadamkannya dengan metode angin kencang yang dikeluarkan dari kipas plastik yang berada di depan robot,” papar sang ketua tim, Tri Wahyudi.

Hanya dengan dana sebesar Rp16 juta, Tri dan kawan-kawan berhasil merakit berbagai perangkat elektronik tersebut menjadi bentuk robot yang layak untuk dipasarkan. Ketiganya pun siap menciptakan robot sejenis memakai teknik dan metode serupa namun lebih canggih dan berukuran lebih besar.

“Kami siap membuat robot besar yang bisa digunakan sebagai salah satu alat pemadam kebakaran jika ada pihak yang menginginkannya. Tentunya, dengan bantuan modal dana untuk proses penyediaan alat dan perakitannya,” ujar Tri.(red/ayu/ermawan/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id