BUMN Rusia Tertarik Garap Kilang Tuban | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

BUMN Rusia Tertarik Garap Kilang Tuban

Foto BUMN Rusia Tertarik Garap Kilang Tuban

Uri.co.id (BUMN Rusia Tertarik Garap Kilang Tuban) , JAKARTA – PT Pertamina berniat membangun kilang baru di Tuban, Jawa Timur, dan Bontang, Kalimantan Timur ntuk menjamin pasokan energi di dalam negeri. Salah satu investor yang tertarik untuk menggarap kilang Tuban adalah perusahaan petroleum asal Rusia, Rosneft.

Para petinggi Rosneft bersama Dirut Pertamina Dwi Soetjipto bertemu dengan Menteri ESDM Sudirman Said baru-baru ini. Dwi mengatakan, pertemuan itu dilakukan karena Rosneft benar-benar serius ingin berinvestasi di kilang Tuban.

Nantinya, Rosneft bersaing dengan Saudi Aramco, Kuwait, dan Thailand sebagai bidder. ’’Rosneft dalam proses seleksi calon partner,’’ kata Dwi di kantor Kementerian ESDM.

Dalam pertemuan itu, dibicarakan pula poin-poin penting dalam berinvestasi kilang di tanah air. Misalnya, soal keekonomian, mekanisme joint venture, sampai soal pembiayaan kalau terpilih menjadi pemenang.

Pertamina tidak punya keraguan terhadap Rosneft. Sama dengan bidder lain, BUMN asal Rusia itu adalah perusahaan yang bonafide. Apalagi, perusahaan tersebut mampu membuktikan sebagai salah satu produsen minyak terbesar di dunia.

Menurut Dwi, poin-poin itu harus dibicarakan di awal supaya prosesnya nanti lancar. ’’Jangan sampai nanti diumumkan siapa pemenangnya, tapi proyek tidak berjalan baik,’’ jelasnya.(red/ngga/ndrawan/AI)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id