Polisi Yorkshire Kini Hadapi Tuntutan Hukum Kasus Hillsborough | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Polisi Yorkshire Kini Hadapi Tuntutan Hukum Kasus Hillsborough

Foto Polisi Yorkshire Kini Hadapi Tuntutan Hukum Kasus Hillsborough

Uri.co.id (Polisi Yorkshire Kini Hadapi Tuntutan Hukum Kasus Hillsborough) , LIVERPOOL – Akhirnya, keadilan datang juga. Itulah yang dirasakan oleh keluarga korban Tragedi Hillsborough yang terjadi pada 15 April 1989. Selama 27 tahun, keluarga 96 korban tewas dalam laga antara Nottingham Forest dan Liverpool di Stadion Hillsborough, Sheffield, Inggris, itu, menuntut penegak hukum untuk memastikan status kasus ini.

Seperti dilansir BBC, saat ini, publik Inggris sedang menunggu proses hukum untuk mengadili petugas Kepolisian Yorkshire yang saat itu bertugas mengamankan pertandingan. Komandan Inspektur David Duckenfield dianggap bertanggung jawab karena melalaikan tugasnya.

Pengadilan memutuskan kematian 96 suporter sepakbola di Hillsborough merupakan kesalahan kepolisian. Salah satunya adalah dengan membuka gerbang terlalu lebar dan membiarkan suporter membludak masuk ke stadion.

Selama bertahun-tahun, para polisi yang bertanggung jawab dalam pertandingan ini tidak mengatakan kejadian yang sebenarnya. Duckenfield memutuskan untuk mengatakan kenyataan sebenarnya setelah ia melihat Panel Independen Hillsborough 2012 dan sebuah program televisi yang menayangkan efek kejiwaan pada keluarga korban.

Dunia mengenal peristiwa Hillsborough sebagai salah satu tragedi terbesar dalam dunia sepakbola. Hillsborough merupakan stadion klub Sheffield Wednesday yang digunakan sebagai stadion netral dalam laga semifinal Piala FA 1988-1989 antara Liverpool dan Nottingham Hotspur. Selain mengakibatkan kematian 96 suporter, kerusuhan itu juga menyebabkan sekitar 766 lainnya mengalami luka-luka.(red/ngga/ndrawan/AI)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id