6 Polisi di Polda Ini Gila Akibat Konsumsi Narkoba | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

6 Polisi di Polda Ini Gila Akibat Konsumsi Narkoba

  • Reporter:
  • Selasa, April 26, 2016
Foto 6 Polisi di Polda Ini Gila Akibat Konsumsi Narkoba

POJOKSUMUT.com, Sepuluh dari 53 anggota yang positif narkoba di Polda Kalimantan Barat, dikategorikan pecandu berat. Parahnya, enam dari mereka sarafnya sudah rusak dan mengarah pada gangguan jiwa atau gila.

“Ada enam polisi yang sudah mengarah gangguan jiwa. Empat polisi mengalami penyakit psikomotorik (gerakan badan yang dipengaruhi oleh keadaan jiwa) akibat mengonsumsi Narkoba.”

“Ini kita temukan dari 53 anggota kita yang positif narkoba,” ungkap Kapolda Brigjen Pol Arief Sulystianto melalui Pejabat Sementara (PS) Kabid Humas AKBP Badarudin, Senin (25/4).

Polisi pecandu berat narkoba itu hasil assessment. Bahkan ada yang mengonsumsi Narkoba selama 13 tahun lamanya, yaitu sejak 2003 lalu.Mereka pun tidak direhab secara internal. “Melainkan kita merehabnya di Rumah Rahayu (tempat rehabilitasi),” jelasnya.

Sementara 42 anggota lainnya, saat ini masih menjalani tahap rehabilitasi di Sekolah Polisi Negara (SPN) Pontianak. Polda Kalbar memberikan fasilitasi rehabilitasi.

“Anggota-anggota yang direhab di SPN ini, dijaga sangat ketat. Ada mentor yang mengawasinya. Jadi ini benar-benar harus mereka lewati, guna menjauhkan diri dari barang haram tersebut,” tegas Badarudin.

Mengenai system rehabilitasi, Badarudin menjelaskan, berbeda dengan konsep tempat rehab biasa. “Kita tidak berikan dia asupan (narkoba). Tetapi ini benar-benar kita hilangkan,” ujarnya.

“Tujuan rehab yang dikonsep sendiri oleh Kapolda Kalbar ini, mengembalikan jati diri kepolisian mereka. Serta menjadi polisi terbaik nantinya. Tentunya meninggalkan barang haram tersebut,” sambungnya.

Tak hanya 10 polisi yang mengalami dampak parah akibat menggunakan Narkoba. Ada tiga polisi lainnya yang terlibat jaringan peredaran Narkoba. Mereka diproses hukum secara pidana.(red/lham/I)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id