Mending Investasi Reksa Dana atau Beli Rumah?

oleh

Jakarta – Pertanyaan dari Pembaca: Saya Nando 27 tahun, masih single, ingin berinvestasi di reksa dana dan ingin membeli rumah, bagaimana mengaturnya?

Jawaban:
Mas Nando terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sebelum Anda memulai berinvestasi ada beberapa hal hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu.

Pertama sudahkah Anda cek antara pengeluaran dan pemasukan sudah positif? Positif yang di maksud adalah pengeluaran yang dikeluarkan jumlahnya tidak lebih besar dari pada pemasukan.

Yang kedua adalah apakah Anda sudah tidak memiliki utang konsumtif. Utang konsumtif adalah seperti kartu kredit. Apabila Anda masih memiliki utang konsumtif sebaiknya Anda lunasi dahulu utang konsumtif Anda. Jangan sampai Anda berinvestasi dan hasil dari investasi Anda tidak sesuai dengan bunga utang yang Anda bayarkan tiap bulannya.

Yang ketiga adalah dana darurat. Dana darurat adalah dana yang dipakai untuk kebutuhan darurat dan mendesak. Salah satu contohnya adalah apabila kita tiba-tiba harus masuk UGD rumah sakit, di situ kita butuh sekali dana darurat untuk membayar biaya ruang UGD tersebut. Dana darurat yang di butuhkan bagi orang yang masih single sebesar 3x dari total pengeluaran Anda tiap bulan.

Yang keempat adalah asuransi. Apakah saudara sudah memiliki asuransi? Baik dari kantor ataupun pribadi. Apabila Anda sudah memiliki asuransi dari kantor pastikan asuransi tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila belum pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai seorang single yang belum memiliki tanggungan.

Setelah memperhatikan hal hal di atas Anda baru bisa melanjutkan untuk berinvetasi. Investasi sendiri itu bermacam macam dan ditentukan sesuai dengan kebutuhan, tujuan investasi, dan profile resiko Anda.

Apabila Anda menginkan investasi reksa dana sebaiknya Anda pikirkan Anda mau tujuan investasinya untuk apa dan kira-kira untuk jangka waktu berapa lama dan juga Anda harus mempelajari dan mengetahui profil risiko Anda.

Mempelajari profil resiko sebelum berinvestasi sangatlah penting. Dengan mengetahui profil risiko Anda, Anda akan tahu tipe seperti apakah Anda. Konservtif kah atau moderat? Jika Anda termasuk orang yang konservatif Anda sebaiknya tidak mengambil jenis investasi yang memiliki risiko tinggi.

Jika Anda juga ingin memiliki rumah dengan tujuan investasi sebaiknya Anda cek harga rumah dan lokasi yang Anda pilih. Dan jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan Anda. Dan juga Anda harus memperhatikan metode pembayarannya.

Apakah mau dengan KPR atau uang tunai? KPR pun Anda harus mempelajari bunga yang ditawarkan oleh bank tersebut dan juga apabila pembayaran dilakukan dengan cara KPR sebaiknya Anda menghitung jumlah DP yang akan Anda bayarkan.

Semoga memberikan pencerahan bagi Anda.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!