10 Tipe Status Facebook Cari Perhatian yang Menyebalkan | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

10 Tipe Status Facebook Cari Perhatian yang Menyebalkan

10 Tipe Status Facebook Cari Perhatian yang Menyebalkan
Foto 10 Tipe Status Facebook Cari Perhatian yang Menyebalkan

URI.co.id, Jakarta Untuk sebagian besar orang, Facebook adalah media sosial menyenangkan di mana Anda dapat terhubung dengan teman-teman lama, berbagi artikel menarik, dan mencari tahu tentang gebetan.

Meskipun sebagian dari kita menghabiskan terlalu banyak waktu di Facebook, harus diakui bahwa gagasan Mark Zuckerberg ini telah mengubah kehidupan kita menjadi lebih menarik. Seperti yang dilansir dari Refinery29.com pada Selasa (9/8/2016), dengan memiliki akun Facebook, Anda dapat berbagi tawa, sukacita, bahkan cinta. Media sosial ini adalah cara untuk tetap terhubung dalam masyarakat modern, berbagi perspektif dan pengalaman pribadi dengan dunia pada umumnya.

Tapi kemudian, ada orang-orang yang justru merusak kesenangan dari Facebook bagi banyak orang. Anda tentu memiliki beberapa teman yang sering membuat status atau unggahan menyebalkan secara terus menerus. Mereka adalah tipe orang yang membuat pilihan unfollow tercipta, dan pelaku dibalik status-status menyebalkan berikut ini.

The Self-Promoter

Tipe status yang selalu mempromosikan dirinya sendiri secara non-stop di Facebook. Bisa tentang band terbarunya, blog mode, atau aktivitas apa pun yang sedang ia lakukan. Orang-orang yang sering membuat status seperti ini tak sadar bahwa tujuannya untuk mempromosikan diri justru dapat berakibat sebaliknya. Mengapa? Karena mereka yang membaca status akan merasa terganggu, dan tujuan promosi diri tersebut otomatis gagal.

The Compulsive Baby-Pic Publisher

Bayi menggemaskan memang jadi pemandangan yang menyenangkan di media sosial. Namun bukan berarti semua orang menikmati foto-foto bayi Anda yang memenuhi newsfeed di Facebook. Kaum ibu maupun ayah yang terlalu sering mengumbar foto anak di media sosial justru memperlihatkan sikap yang tidak sehat sebagai orangtua. Ayah dan ibu seharusnya mendapatkan perhatian penuh dari orangtua, bukannya dijadikan bintang sosial media demi like atau pujian. Jangan sampai setiap momen kehidupan anak diketahui semua orang yang berada di friendlist Anda.

The Game Bully

Tipe orang yang selalu mengirimkan undangan untuk game tertentu secara terus menerus, seperti mereka yang sempat terobsesi dengan Candy Crush. Invitation secara bertubi-tubi yang dikirimkan hampir setiap hari pasti mengganggu, apalagi bagi mereka yang tak tertarik untuk bermain gim sama sekali. Jangan sampai pertemanan Anda rusak karena hal ini.

The Passive-Aggressive Vaguebooker

Pembuat status yang satu ini adalah salah satu yang dianggap paling menyebalkan di dunia Facebook. Istilah vaguebooking adalah menulis status secara implisit atau sindiran yang biasanya ditujukan bagi orang tertentu, misalnya, "Duh nih orang nyebelin banget deh." Saat status seperti ini diunggah di media sosial dan dibaca orang banyak, tentu sang penulis mengharapkan simpati. Sayangnya, sulit mendapatkan simpati ketika orang lain tidak mengetahui siapa atau apa yang sedang Anda bicarakan. Sikap mencari perhatian seperti ini tidak akan membantu siapapun, apalagi sang pembuat status. Jika Anda punya masalah dengan seseorang, lebih baik menghadapinya secara langsung daripada membuat status Facebook.

The Political Troll

Tipe status ini mudah Anda temukan di Facebook. Orang-orang pembuat status yang berkaitan dengan situasi politik tertentu dan menjelaskan mengapa pandangannya lebih baik daripada siapa pun yang ada di dunia tidak akan mendapatkan simpati dari siapapun. Jika Anda berani memberikan komentar yang berlawanan dengan pendapatnya, Anda akan langsung terlibat dalam perdebatan panjang sampai Anda mengaku kalah, meskipun terpaksa.

The Relentless Selfie-Poster

Seseorang yang selalu mengunggah foto selfie tidak pernah kehilangan kesempatan untuk mengunggah foto terbaru dimanapun ia berada. Di gym, toilet umum, kantor, bahkan pemakaman. Mereka tak pernah melepaskan gawai dari genggaman, siap mengabadikan momen apa pun dengan duckface andalan. Tipe orang dengan level narsisme seperti ini biasanya memiliki keanggotaan dalam klub olahraga tertentu. Ada cara mudah untuk menghindarinya, yaitu pilihan sembunyikan atau hide yang dapat Anda klik kapan saja.

The TV Spoiler

Kita semua adalah orang sibuk yang mungkin tak sempat menonton serial televisi favorit. Untungnya, beberapa stasiun televisi akan memutar ulang acara tertentu di hari yang berbeda. Namun sayangnya ada orang-orang yang merasa harus menceritakan semua kejadian dari serial televisi yang mungkin sedang populer, membuat Anda mengetahui semua jalan cerita sebelum menontonnya sendiri. Lebih baik menghindari Facebook untuk sementara jika Anda tak ingin membaca spoiler yang menyebalkan.

The Event Inviter

Tipe ini adalah orang-orang yang tidak terlalu Anda kenal, namun selalu mengundang Anda untuk menghadiri event tertentu. Orang seperti ini akan mengirim invitation melalui Facebook dan mengunggah begitu banyak update tentang acara tersebut, mengirimkan Anda notification yang benar-benar mengganggu. Jangan lupa, pilihan ignore ada di depan mata.

The Oversharing Couple

Pasangan yang terlalu sering mengumbar hubungan mereka di Facebook lebih peduli dengan 'performa' hubungan mereka daripada menjalani hubungan itu sendiri. Mereka hidup untuk mendokumentasikan pengalaman mereka bersama-sama, bisa tentang liburan di Eropa atau perjalanan ke supermarket. Tidak ada pengalaman terlalu sepele untuk dibagikan, dan tampaknya seperti pasangan ini tidak akan beristirahat sampai seluruh hubungan mereka telah disiarkan di Facebook. 

The Humblebragger

Tipe status yang terus menerus mengabarkan kabar gembira di Facebook, berkesan rendah hati namun sebenarnya terlihat sebagai aksi pamer yang terselubung. Status yang berbunyi, "Bakso ini enak banget" dengan foto yang tak hanya menampilkan mangkok bakso, namun juga tas bermerk di atas meja pada bagian ujung foto. Yang lebih buruk, tipe orang seperti ini seakan memiliki begitu banyak pencapaian dan mengumbarnya di depan mata Anda. Naik jabatan, mobil baru, pernikahan, atau bayi adalah bagian-bagian yang seringkali muncul di feed orang seperti ini. Tak ketinggalan 30 hashtags yang mengikuti setiap status, salah satunya adalah #blessed.

 

 

(uri/atya/estiani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id