Terbukti, Membaca Buku Buat Manusia Panjang Umur | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Terbukti, Membaca Buku Buat Manusia Panjang Umur

Terbukti, Membaca Buku Buat Manusia Panjang Umur
Foto Terbukti, Membaca Buku Buat Manusia Panjang Umur

URI.co.id, Jakarta Penelitian terbaru menemukan, membaca buku terbukti dapat membuat seorang manusia hidup lebih lama. Penelitian dilakukan kepada 3.635 orang, lalu dibagi menjadi 3 grup. Kelompok yang tidak membaca buku, kelompok yang membaca 3,5 jam per minggu, dan kelompok yang membaca buku lebih dari 3,5 jam.

Seperti dilansir dari situs New York Times pada hari Minggu (7/8/2016), penelitian tersebut dilakukan lebih dari 12 tahun. Hasilnya, kelompok yang membaca 3,5 jam dalam seminggu memiliki kemungkinan hidup lebih lama sebesar 17% dibandingkan dengan kelompok yang tidak membaca buku. Sedangkan kelompok yang membaca buku lebih sering, memiliki kemungkinan 23% hidup lebih lama. Kesimpulannya, pembaca buku rata-rata hidup 2 tahun lebih lama dari orang yang tidak membaca buku sama sekali.

Penelitian tersebut juga mendapatkan hubungan antara membaca koran dan umur panjang, namun korelasinya tidak sekuat seperti membaca buku. 

Wah, ternyata membaca buku tidak hanya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, namun juga dapat membuat hidup Anda panjang umur.

(uri/azliansyah/H)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id