Video Streaming Diblokir Jerman, Erdogan Tuding Merkel Hidupi Teroris | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Video Streaming Diblokir Jerman, Erdogan Tuding Merkel Hidupi Teroris

Video Streaming Diblokir Jerman, Erdogan Tuding Merkel Hidupi Teroris
Foto Video Streaming Diblokir Jerman, Erdogan Tuding Merkel Hidupi Teroris

ANKARA – Percekcokan antara Jerman dan Turki semakin melebar. Bermula dari resolusi parlemen di Berlin yang mengakui pembantaian warga Armenia oleh pasukan Ottoman pada 1915 adalah genosida, meluas jadi persoalan imigrasi dan kaitannya dengan terorisme.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding Kanselir Jerman Angela Merkel menghidpi kelompok teroris. Dia meyakini, Merkel termasuk negara barat yang menyokong pemberontakan Kurdi. Kelompok etnis yang sudah dicap Ankara sebagai teroris.

“Biarkan mereka (Jerman) memberi makan para teroris. Seperti bumerang, (tindakan) itu akan berbalik jadi pukulan untuk mereka (suatu saat nanti),” tukas mantan Wali Kota Istanbul tersebut, sebagaimana dilansir Express, Selasa (9/8/2016).

Tuduhan itu juga diarahkannya kepada perempuan paling berpengaruh versi Forbes 2016 itu terkait kebijakan pengungsi, yang tengah menjadi batu sandungan baginya. Merkel ingin tetap membuka pintu lebar-lebar bagi para pengungsi, terlepas dari segala teror yang melibatkan mereka. Sementara oposisinya di pemerintahan terus mendesak dia menutup perbatasan.

Kemarahan Erdogan lainnya juga dipicu oleh pemblokiran video streamingnya dalam kampanye di Cologne, Jerman sepekan lalu. Seperti diketahui, banyak warga Turki juga berdiam di negara tersebut. Sekira 40 ribu orang berkumpul di Cologne dan menyatakan dukungannya kepada Erdogan terkait kudeta militer, pada Minggu 31 Juli lalu.

Akan tetapi, tak berapa lama, unjuk rasa pro-demokrasi itu dibubarkan oleh polisi Jerman. Pengadilan menangguhkan acara tersebut setelah mendapat laporan akan adanya ancaman keamanan. (Sil)

(uri/inda/estiana/utri/WDP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id