Angkasa Pura: Terminal 3 Ultimate Ramah Lingkungan! | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Angkasa Pura: Terminal 3 Ultimate Ramah Lingkungan!

Angkasa Pura: Terminal 3 Ultimate Ramah Lingkungan!
Foto Angkasa Pura: Terminal 3 Ultimate Ramah Lingkungan!

SELAIN desain bangunan megah, Terminal 3 Ultimate di desain ramah lingkungan. Terminal ini memiliki sistem eco-friendly

Sistem ini disebut Intelligence Building Management System (IIBMS). Fungsi sistem tersebut berguna untuk mengatur pengeluaran air, penggunaan listrik serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan lingkungan.

IIBMS sebetulnya telah digunakan oleh berbagai gedung modern di seluruh dunia, dan kini terminal terbaru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan ikut memanfaatkannya.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Presiden Direktur, Djoko Murjatmodjo, saat wawancara eksklusif dengan tim Okezone.

Menurutnya, desain arsitektur bangunan Terminal 3 Ultimate memang sengaja dibuat beda dengan Terminal 1 dan 2 yang dibangun di era 80an.

“Di era modern seperti ini, kita dituntut untuk sadar lingkungan. Oleh karena itu, hampir seluruh dinding yang ada di Terminal 3 Ultimate ini, kami ganti dengan lapisan kaca yang kuat,” tutur Djoko Murjatmodjo, kepada Okezone di Terminal 3 Ultimate, Sabtu (8/8/2016).

Lapisan kaca ini berfungsi, agar pada siang hari sinar matahari dapat dengan mudah menembus bagian dalam terminal, sehingga penggunaan listrik pun dapat diminimalisir. Penerangan di bagian jalan terminal ini pun, menggunakan sumber energi solar cell.

Djoko menambahkan, Terminal 3 Ultimate dilengkapi Rain Water System yang berguna untuk mengolah air hujan untuk dijadikan air bersih.

“Sekarang tinggal kesadaran para pengunjung saja agar lebih peka dalam menjaga kebersihannya selama berada di terminal ini,” pungkas Djoko. (jjs)

(uri/asilda/milah/CA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id