Lenyda: Perceraian di Toraja Luar Biasa, Hampir Tiap Hari Ada Sidang Cerai | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Lenyda: Perceraian di Toraja Luar Biasa, Hampir Tiap Hari Ada Sidang Cerai

Lenyda: Perceraian di Toraja Luar Biasa, Hampir Tiap Hari Ada Sidang Cerai
Foto Lenyda: Perceraian di Toraja Luar Biasa, Hampir Tiap Hari Ada Sidang Cerai

URI.co.id, MAKALE – Kasus perceraian di dua kabupaten, yakni Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, sangat tinggi berdasarkan data dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kombongan yang bergerak di bidang perlindungan dan pendampingan anak dan perempuan Toraja.

“Soal kasus perceraian di Toraja luar biasa, dari keterangan dan data yang disampaikan Pengadilan Agama Makale, hampir tiap hari ada sidang perceraian,” ujar Aktivis LSM Kombongan, Lenynda Tondok, kepada URI.co.id, saat ditemui di Plaza Kolam Makale, Senin (8/8/2016) siang.

Saat URI.co.id mendatangi Pengadilan Agama Makale, Ketua Pengadilan sedang berada di luar, dan tak satupun staf yang berani memberikan data secara angka.

Dari keterangan aktivis anak dan perempuan Toraja ini, kasus pereceraian di Toraja paling banyak disebabkan oleh pihak ketiga dan campur tangan dari keluarga.

“Ini menjadi pekerjaan rumah buat kami, terlebih usia pernikahan di Toraja kebanyakan masih tergolong muda”, tambah Lenynda.(URI.co.id timur)

(uri/rik/urnama/utra/EPP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id