1.000 Sumur Bor untuk Padamkan Kebakaran Hutan di Pulang Pisau | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

1.000 Sumur Bor untuk Padamkan Kebakaran Hutan di Pulang Pisau

1.000 Sumur Bor untuk Padamkan Kebakaran Hutan di Pulang Pisau
Foto 1.000 Sumur Bor untuk Padamkan Kebakaran Hutan di Pulang Pisau

URI.co.id, Palangkaraya – Jumlah titik api karena kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalteng mulai meningkat di Kabupaten Pulang Pisang, Kalimantan Tengah. Untuk membantu salah satu daerah penghasil asap di musim kemarau itu, Badan Restorasi Gambut (BRG) akan membantu pembuatan 1.000 sumur bor di Pulang Pisau.

Informasi itu disampaikan Alue Dohong, Deputi Konstruksi Operasi dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) saat menyerahkan bantuan sebanyak 200 sumur bor dan 20 mesin pompa air untuk masyarakat Desa Pilang, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Minggu, 7 Agustus 2016.

Menurut dia, bantuan 200 sumur bor ini adalah tahap awal bantuan BRG bekerjasama dengan Universitas Pangkaraya kepada  Kabupaten Pulang Pisau. "Dan ratusan sumur bor itu merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Norwegia," ujar Alue.

Dalam acara sarasehan Badan Restorasi Gambut dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Desa Pilang itu, Alu menjelaskan dalam APBN Perubahan 2016, BRG akan menganggarkan untuk pengadaan 4.000 sumur bor untuk wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

"Untuk Kabupaten Pulang Pisau akan saya anggarkan 1.000 sumur bor, termasuk mesin pompa airnya dan juga sepeda motor untuk desa-desa yang belum ada sumur bornya," kata Alue yang juga dosen salah satu PTN di Kalteng itu.

(uri/adly/achman/SR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id