Oops! Proyek Bus Fenomenal Asal China Ternyata ‘Bodong’? | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Oops! Proyek Bus Fenomenal Asal China Ternyata ‘Bodong’?

Oops! Proyek Bus Fenomenal Asal China Ternyata ‘Bodong’?
Foto Oops! Proyek Bus Fenomenal Asal China Ternyata ‘Bodong’?

URI.co.id – Tak lama padahal, para netizens dan banyak petrolhead terkage-kaget dan sekaligus kagum atas keberadaan TEB, atau Transit Elevated Bus yang sempat di-test drive di Qinhuangdao. Namun ternyata harian Shanghaiist menunjukkan adanya indikasi bahwa project tersebut adalah project bodong, alias project bohongan.

Benarkah demikian? Setidaknya, menurut penulisan Shanghaiist di link berikut ada beberapa indikasi mengapa project TEB dirasa tidak ‘real’. Bahkan menurut harian tersebut, media-media lokal merasa bahwa proyek bus ini tak bisa dilakukan, bahkan sekalipun ada investor.

Transit Elevated Bus ini sendiri secara konsep menurut penulisan Shanghaiist, agaknya juga kurang benar. Karena menilik dari teknisnya yang masih harus menggunakan track, sebetulnya kendaraan yang satu ini lebih pantas disebut kereta, daripada bus.

Terlebih lagi, pada test drive yang dilakukan di Qinhuangdao tempo hari ditunjukkan, para pengembang tersebut memberikan klarifikasi bahwa sebetulnya yang dilakukan bukanlah ‘road test’, melainkan hanya sekedar tes internal untuk mencoba bus tersebut.

Pemerintah daerah Qinhuangdao sendiri kabarnya juga mengelak jika proyek tersebut saat dikait-kaitkan dengan bus tersebut. Dari yang terlihat sendiri cukup banyak ditemukan kejanggalan-kejanggalan pasca pembukaan dan test drive bus tersebut.

Di antaranya adalah pita peluncuran yang tak kunjung dibuka, adanya lubang groundbreaking yang juga tak kunjung dilanjutkan. Selain itu, dimensi bus yang agak tidak masuk akal juga jadi penyebab tudingan proyek tersebut bohongan. Tinggi ideal yang ditunjukkan pada simulasi render sebelumnya adalah 4.2 meter, sementara bentuk fisiknya hanya sekitar 2,1 meter saja.

Jelas akan membuat kendaraan yang besar jadi kesulitan untuk melewati bagian bawah bus. Dan lagi, mekanisme bagi sopir bus sendiri juga belum jelas, terutama masalah penyesuaian dengan para pengendara mobil di bawahnya. Hayo! Yang sudah berharap dengan bus ini, lanjut mimpi indah dulu saja!

(uri/adly/achman/SR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id