Tak Selalu Kucing, Tokso Plasma Bisa karena Makan Lalapan Mentah | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Tak Selalu Kucing, Tokso Plasma Bisa karena Makan Lalapan Mentah

Tak Selalu Kucing, Tokso Plasma Bisa karena Makan Lalapan Mentah
Foto Tak Selalu Kucing, Tokso Plasma Bisa karena Makan Lalapan Mentah

SELAMA ini kita mungkin mengetahui bahwa penyakit infeksi tokso hanya disebabkan hewan kucing. Padahal, hewan yang banyak berkeliaran di sekitar kita tidak selalu rerinfeksi dan menjadi satu-satunya penyebab penularan.

Penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya ini dan disebabkan oleh protozoa, dikatakan dokter hewan Angela Maharani, pada dasarnya terdapat di semua bahan mentah yang kemudian masuk ke tubuh. Bahkan, menurutnya, hobi mengonsumsi lalapan mentah bisa menjadi media penularan tokso plasma.

"Kita mungkin dengarnya hanya kucing yang menularkan tokso. Makanan mentah atau yang tidak dimasak sempurna dan terpapar juga bisa menginfeksi dan gejalanya bisa terlihat atau tidak. Jadi tokso tidak dari kucing saja, tapi karena tokso yang termakan dari makanan mentah yang tidak mati dengan pemanasan setengah matang," jelas dokter yang berpraktik di Jati Kramat Jakarta dalam media briefing FRIESKIES #500Catventure dan World Cat Day yang jatuh pada hari ini, Senin (8/8/2016), di Jakarta.

Mengenai penularan tokso plasma yang diterima ke manusia melalui kucing, dokter Angela berpesan bahwa yang terpenting setelah memegang kucing adalah menjaga kebersihan, terutama mencuci tangan dengan sabun.

"Kalau dari kucing yang terinfeksi, ini pada awalnya dikeluarkan dari feses. Saat manjemen kotoran kurang bagus, kotoran kucing dapat menempel di badannya dan ketika kita memegang kucing dan tidak mencuci tangan, tokso plasma bisa masuk dan menginfeksi kita. Sebaliknya, kalau kita menjaga kebersihan, kita tidak akan terinfeksi dan perempuan yang memelihara kucing pun tetap bisa hamil," tegasnya. (hel)

(uri/wi/urdaningsih/DM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id