SMAK Minta Aparat Hentikan Kriminalisasi Gerakan Rakyat | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

SMAK Minta Aparat Hentikan Kriminalisasi Gerakan Rakyat

SMAK Minta Aparat Hentikan Kriminalisasi Gerakan Rakyat
Foto SMAK Minta Aparat Hentikan Kriminalisasi Gerakan Rakyat

URI.co.id, MEDAN – Solidaritas Mahasiswa Anti Kriminalisasi (SMAK) mendesak aparat penegak hukum baik TNI dan Polri menghentikan kriminalisasi terhadap aktivis atau gerakan rakyat.

SMAK menilai, akhir-akhir ini penegak hukum cendrung mengkriminalisasikan sejumlah masyarakat yang memperjuangkan haknya.

“Gerakan rakyat merupakan gerakan sosial masyarakat yang menginginkan perubahan. Jadi, tidak patut rasanya jika gerakan rakyat lantas diintimidasi dan dikriminalisasikan,” kata Muslim Silaen, Korlap SMAK ketika menggelar aksi di Lapangan Merdeka Medan, Senin (8/8/2016) siang.

Menurut Muslim, sudah banyak kejadian kriminalisasi menimpa masyarakat dan aktivis. Salah satu kasus teranyar terjadi di Tanah Karo dan Balige.

“Untuk kasus di Balige, seorang aktivis dipenjarakan karena membela warga terkait persoalan sengketa tanah. Hal-hal seperti inilah yang tentunya menjadi keprihatinan kami semua,” kata Muslim.

Dalam aksinya, Muslim bersama rekan-rekannya di GEMAPRODEM, FORMADAS, SMI, FMN, KDAS dan GMD Sumut meminta pemerintah mengambil kebijakan atas persoalan kriminalisasi ini.

(uri/amanhuri/uhri/DZ)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id