Memelihara Kucing Bantu Melawan Depresi Lho | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Memelihara Kucing Bantu Melawan Depresi Lho

Memelihara Kucing Bantu Melawan Depresi Lho
Foto Memelihara Kucing Bantu Melawan Depresi Lho

KEHADIRAN hewan lucu seperti kucing dalam keseharian kita ternyata mempunyai manfaat yang besar. Tidak hanya bermanfaat untuk fisik dan mental, memelihara kucing juga mampu melatih kepribadian seseorang.

Menurut sebuah jurnal penelitian tahun 2013 berjudul Creature Comforts: An Exploration of Pet Owners and Their Experiences of Wellbeing Gained trough Their Relationship with Their Companions Animal, kehadiran kucing sebagai teman anak terbukti dapat meningkatkan self-esteem serta membangun empati pada anak. Hal ini pun disetujui oleh dokter hewan Angela Maharani.

"Apabila seorang anak turut andil dalam merawat dan menjaga si kucing, maka ia pun akan lebih ekspresif dan merasakan emosi positif dari kesehariannya bermain dengan manyentuh bulu halus kucing selain membangun kedekatan, juga akan tumbuh rasa paduli dangan sesama meningkatkan ketenangan jiwa" tutur dokter yang berpraktik di Jati Kramat Jakarta dalam media briefing FRIESKIES #500Catventure dan World Cat Day yang jatuh pada hari ini, Senin (8/8/2016), di Jakarta.

Bahkan, kucing menjadi hewan yang cocok menjadi bagian keluarga atau teman pribadi karena dapat menguatkan ikatan dan keakraban secara psikologis.

"Kasih sayang pada kucing akan berdampak pada emosional yang dengan demikian bisa mengatasi kesendirian. Memelihara kucing bisa membuat hidup lebih bahagia dan perilaku berkasih sayang. Kucing dalam kehidupan berkeluarga juga bisa membantu menciptakan emotional bonding," tambahnya. (hel)

(uri/inda/estiana/utri/WDP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id