Minim Pengalaman, Staf Science Techno Park Diberi Beasiswa | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Minim Pengalaman, Staf Science Techno Park Diberi Beasiswa

Minim Pengalaman, Staf Science Techno Park Diberi Beasiswa
Foto Minim Pengalaman, Staf Science Techno Park Diberi Beasiswa

URI.co.id, Surakarta – Indonesia masih kesulitan dalam mengembangkan Science Techno Park (STP) yang dirancang menjadi pusat teknologi maju sekaligus pencetak startup.

Pengembangan STP belum matang karena tenaga operasionalnya minim pengalaman dalam mengoperasikan STP. 

Saat ini sudah ada 22 STP di Indonesia yang akan dikembangkan agar mampu mengkomersialisasikan hasil penelitian yang sudah memiliki technology readiness level (TRL) 9. Nantinya hasil penelitian dengan TRL 9 akan dihilirisasi agar bisa menjadi produk yang bermanfaat.

Untuk itu, selain pemerintah dan lembaga, dibutuhkan juga peranan dunia usaha baik BUMN maupun perusahaan untuk mewujudkannya.

Sekretaris Jenderal Kemristekdikdi Ainun Na'im mengakui komersialisasi merupakan hal yang penting dalam pengembangan STP.

"Di negara lain ada yang menganggap bahwa Science Techno Park merupakan sebuah entitas bisnis untuk mengembangkan startup baru yang akan menghasilkan keuntungan," tutur Ainun.

Sayangnya, pihak swasta yang berpartisipasi untuk hal ini masih minim di Indonesia. "Pemerintah dan dan perusahaan harus saling berkontribusi. Di satu sisi pemerintah menyediakan dana dan menyiapkan STP, perusahaan yang memproduksi hasil penelitian," kata Ainun.

Lantaran masih minim pihak swasta yang berpartisipasi, STP juga berfungsi mempertemukan peneliti dengan investor untuk merealisasikan hasil penelitian menjadi produk.

"Ini masih inisiatif baru, kalau sudah banyak penelitian yang sukses dan menghasilkan, akan banyak pihak swasta yang berinvestasi," jelas Patdono.

(Tin/Cas)

(uri/sthi/aharani/EM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id