Namanya Diungkap Duterte Terlibat Narkoba, Puluhan Pejabat Menyerahkan Diri | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Namanya Diungkap Duterte Terlibat Narkoba, Puluhan Pejabat Menyerahkan Diri

Namanya Diungkap Duterte Terlibat Narkoba, Puluhan Pejabat Menyerahkan Diri
Foto Namanya Diungkap Duterte Terlibat Narkoba, Puluhan Pejabat Menyerahkan Diri

Data tersebut dibeberkan Duterte pada Minggu 7 Agustus 2016. Hanya sehari berselang, sedikitnya 27 orang Wali Kota dan 31 personel kepolisian, termasuk satu orang setingkat Kolonel, menyerahkan diri ke Markas Besar Kepolisian di Manila.

Tindakan itu diambil untuk membersihkan nama mereka. Diyakini, orang-orang itu takut akan ancaman yang dikeluarkan Duterte untuk memburu nama-nama yang disebutkan jika tidak mau menyerah dalam waktu 24 jam.

Rodrigo Duterte pernah menyerukan agar warga serta polisi Filipina untuk tidak ragu-ragu menembak siapa pun yang terbukti terlibat dalam perdagangan narkoba. Kepala Polisi Filipina Ronald Dela Rosa menegur jajarannya yang tercantum dalam daftar Duterte.

“Saya sedih ini terjadi. Saya malu. Kita harusnya menjadi pihak yang menangkapi para pelaku, bukannya melindungi mereka. Saya bunuh Anda semua jika tidak berubah,” ujar Dela Rosa, seperti dimuat Channel News Asia, Senin (8/8/2016).

Selain petugas kepolisian, 'daftar hitam' Duterte juga menyebut dua pensiunan jenderal polisi, sejumlah tentara, anggota kesatuan militer, hakim, dan mantan anggota legislatif. Ketua Mahkamah Agung Maria Lourdes Sereno menuturkan, tanpa adanya perintah Duterte, pihaknya memiliki perangkat hukum sendiri untuk menindak para hakim agung yang terlibat.

Satu orang hakim agung yang masuk daftar tersebut telah meninggal. Sedangkan, dua orang lainnya sudah dipecat dari jabatannya. (wab)

(uri/ulkifli/arbun/JM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id