Ini Manfaat Dengkuran Kucing bagi Kesehatan Manusia | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Ini Manfaat Dengkuran Kucing bagi Kesehatan Manusia

Ini Manfaat Dengkuran Kucing bagi Kesehatan Manusia
Foto Ini Manfaat Dengkuran Kucing bagi Kesehatan Manusia

KUCING tidak hanya menyenangkan karena kelucuan dan banyak tingkah aktif mereka. Dengkuran kucing ketika senang karena kita sayang ternyata berdampak banyak bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Disampaikan oleh dokter hewan Angela Maharani, penelitian terbaru menemukan bahwa dengkuran kucing mempunyai frekuensi 20-150 Hz yang memiliki efek menenangkan. Ini bisa dirasakan tidak hanya oleh kucing itu sendiri, tapi juga oleh manusia yang berada di dekatnya.

"Ini sama seperti frekuensi yang dikeluarkan sonarnya lumba-lumba, yang punya efek terapis dan digunakan untuk pengobatan. Fakta dari penelitian di Barat, dengkuran hewan yang banyak di sekitar kita ini bermanfaat bagi fisik maupun mental," tuturnya dalam media briefing FRIESKIES #500Catventure dan World Cat Day yang jatuh pada hari ini, Senin (8/8/2016), di Jakarta.

Ketika kucing mendengkur, yang menandakan mereka bahagia dan tenang, tubuh kucing mengeluarkan hormon endorfin. Saat manusia memeluk atau menempel pada kucing, frekuensi dari dengkuran kucing dapat memberi efek menenangkan, bahkan selain itu bisa menyembuhkan penyakit sendi, menurut studi lain, kata drh Angela.

"Jadi interaksi dengan kucing seperti itu bisa membuat kita ikut bahagia, stres menurun, dan kebih rileks. Dampaknya bagi kesehatan secara fisik, kekebalan tubuh akan lebih kuat, kita bisa tidur nyenyak di malam hari, akibatnya kita bisa terhindar dari penyakit. Bahkan penelitian juga mengatakan ini bisa menurunkan risiko serangan jantung," tambahnya. (hel)

(uri/atya/estiani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id