Kerusuhan di Tanjung Balai Berpotensi Pecah Kembali | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Kerusuhan di Tanjung Balai Berpotensi Pecah Kembali

Kerusuhan di Tanjung Balai Berpotensi Pecah Kembali
Foto Kerusuhan di Tanjung Balai Berpotensi Pecah Kembali

URI.co.id, MEDAN – Kerusuhan berbau SARA yang berujung pada pembakaran sejumlah vihara dan kelenteng diprediksi akan pecah kembali.

Pecahnya kerusuhan dipicu karena beberapa alasan.

“Sampai saat ini, tersangka yang dianggap melakukan kerusuhan masih ditahan. Sementara, penyebab dari kerusuhan, yakni Meliana belum jelas penanganannya seperti apa,” kata Staf Advokasi KontraS Sumut, Ronald Syafriansyah di sekretariatnya Jl Brigjend Katamso, Gang Bunga, Senin (8/8/2016).

Menurut Ronald, jika tidak ada perimbangan penegakan hukum dalam kasus ini, tentu orang-orang yang ditahan terkait kerusuhan akan menyimpan dendam. Apalagi, kata Ronald, masyarakat sangat mudah terprovokasi.

“Hal-hal seperti ini juga harus menjadi perhatian pihak kepolisian. Dan kasus ini harus diselesaikan dengan UU No7 tahun 2012 menyangkut konflik sosial,” kata Ronald.

Ia menambahkan, jika persoalan hukum dalam kasus ini dibiarkan berlarut-larut, tentu akan menimbulkan konflik baru berkepanjangan.

Untuk itu, sambung Ronald, semua pihak terkait harus diajak bersama-sama merangkul masyarakat memberikan pengertian hukum terkait tragedi kemarin.

“KontraS meminta pihak terkait melakukan rekonsiliasi ulang terhadap pemangku kebijakan di Tanjung Balai. Kasus ini harus benar-benar dituntaskan secara berimbang,” katanya.(ray)

(uri/ilal/amadhan/BR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id