Rumah Gadang Raksasa Khas Padang Tersimpan di Sini | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Rumah Gadang Raksasa Khas Padang Tersimpan di Sini

Rumah Gadang Raksasa Khas Padang Tersimpan di Sini
Foto Rumah Gadang Raksasa Khas Padang Tersimpan di Sini

JANGAN lupa singgah ke Istano Basa Pagaruyung jika mengunjungi Tanah Datar, Sumatera Barat. Rumah gadang raksasa ini merupakan peninggalan Kerajaan Pagaruyung.

Sesuai cengan namanya, Istano Basa merupakan istana yang sebelumnya menjadi tempat tinggal raja. Di sini pula raja menjalankan pemerintahannya.

Pantauan Okezone, banyak ukiran yang terdapat di dinding bangunan megah ini. Lantai dan tiang-tiang kayu membuat bangunan ini begitu megah berdiri.

Para pengunjung dapat melihat ukiran-ukiran seni pada dinding Istano Basa. Irdinansyah Tarmizi, Bupati Tanah Datar, mengatakan ukiran tersebut merupakan cerita filosofi kehidupan dari masyarakat Minangkabau.

Pengunjung pun bisa melihat pemandangan gunung-gunung dan hijaunya sawah. Nah, salah satu daya tarik turis dari destinasi wisata ini adalah lomba pacu jawi.

"Banyak wisatawan dari Korea yang suka sekali menyaksikan lomba pacu jawi di sekitar Istano Basa," ujarnya di Istano Basa, Sumatera Barat.

Lomba pacu jawi atau balapan sapi ini merupakan permainan tradisional masyarakat Minangkabau. Selain itu, wisatawan dari Malaysia memiliki ketertarikan dari filosofi masyarakat Minangkabau.

Irdinansyah mengatakan setiap kali kunjungan, biasanya lima sampai enam bus rombongan wisatawan Malaysia datang untuk menyaksikan megahnnya Istano Basa Pagaruyung.

"Paling banyak wisatawan dari Malaysia. Mereka mengakui ada keterikatan budaya dengan cerita kehidupan masyarakat Minang," tukasnya. (jjs)

(uri/wi/urdaningsih/DM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id