Kontras Sumut Menduga Mantan Camat Berada Dibalik Sengketa Lahan Desa Lingga | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Kontras Sumut Menduga Mantan Camat Berada Dibalik Sengketa Lahan Desa Lingga

Kontras Sumut Menduga Mantan Camat Berada Dibalik Sengketa Lahan Desa Lingga
Foto Kontras Sumut Menduga Mantan Camat Berada Dibalik Sengketa Lahan Desa Lingga

URI.co.id, MEDAN – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Sumatera Utara menyebut, mantan Camat Simpang Empat, Kabupaten Karo diduga berada dibalik sengketa lahan di Desa Lingga.

Oknum tersebut berinisial VS.

“Dari hasil investigasi kami di lapangan, adapun pengembang yang sempat memancing kericuhan di Desa Lingga diketahui merupakan mantan Camat Simpang Empat. Dia inilah yang berada di lokasi saat perubuhan tembok warga,” kata Kepala Operasional KontraS Sumut, Amin Multazam, Senin (8/8/2016).

Amin menjelaskan, memang tanah yang ada di Desa Lingga sudah dibeli sebahagian dari warga. Namun, kata Amin, sebagian lainnya belum dilunasi.

“Karena ada lahan yang belum dilunasi, sebagian warga merasa keberatan saat VS itu hendak merubuhkan pagar warga. Inilah yang memancing warga melakukan pembakaran beko,” kata Amin.

Adapun luas lahan yang bakal digarap pengembang di Desa Lingga lebih kurang 17 hektar. Lahan itu awalnya akan dibangun pasar.

“Persoalan lainnya yang perlu diantisipasi adalah ketika nantinya lahan itu sudah beridiri bangunan, tentu akan ada warga dari desa lain yang tinggal di Desa Lingga. Tentu, persaingan lahan juga akan kembali menimbulkan masalah baru,” ungkap Amin.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Karo bersama Polres Tanah Karo sudah selayaknya menyusun langkah mengantisipasi bentrokan susulan.

Kata Amin, Desa Lingga wajib dipantau dan masyarakatnya wajib digandeng dan diberi pemahaman terkait masalah yang ada.(*)

(uri/udha/anggala/utri/YMP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id