Cetak Startup, Pemerintah Gencar Bangun Science Techno Park | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Cetak Startup, Pemerintah Gencar Bangun Science Techno Park

Cetak Startup, Pemerintah Gencar Bangun Science Techno Park
Foto Cetak Startup, Pemerintah Gencar Bangun Science Techno Park

URI.co.id, Surakarta – Presiden Joko Widodo tengah gencar mendorong pembangunan sekaligus pengembangan Science Techno Park (STP).

Rencananya STP digunakan sebagai sarana untuk menginisiasi dan membagikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan melibatkan unsur akademik, bisnis, pemerintah, dan komunitas (ABGC).

Kehadiran STP diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan daya saing masyarakat melalui penguatan inovasi dan komersialisasi iptek.

Perlu diketahui, pembangunan dan pengembangan STP telah dimulai sejak 2015 dengan binaan tujuh kementerian dan lembaga di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. STP sendiri telah diatur dalam rencana program jangka menengah nasional 2016-2019.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kemristekdikti, Patdono Suwignjo mengatakan STP diharapkan melakukan fungsinya sebagai pusat pengembangan sains dan teknologi maju, pusat pertumbuhan startup di bidang teknologi maju, serta pusat layanan teknologi maju untuk masyarakat.

"Untuk itu, pemerintah akan membangun 100 Science Techno Park selama 2015-2019. Saat ini pemerintah telah membangun 60 STP yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Patdono ditemui tim Tekno URI.co.id di Surakarta, Senin (8/8/2016). 

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Menko PMK Bidang Koorditor Pendidikan dan Agama R Agus Sartono mengatakan jika STP telah matang ia berharap bisa mencetak startup sebanyak-banyaknya yang dapat menjadi basis ekonomi Indonesia.

"Pemerintah berharap, dengan hadirnya STP, entrepreneurship yang berbasis teknologi bisa menjadi pilihan utama untuk meningkatkan ekonomi Indonesia serta mencetak lapangan pekerjaan," kata Agus.

Ia mencontohkan, di Kota Yogyakarta telah muncul startup-startup berbasis online yang kini bisa menghasikan omzet hingga angka miliaran.

(Tin/Cas)

(uri/azliansyah/H)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id