Penyebab Warga Lumbis Ogong Lebih Mudah Dapat KTP Malaysia | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Penyebab Warga Lumbis Ogong Lebih Mudah Dapat KTP Malaysia

Penyebab Warga Lumbis Ogong Lebih Mudah Dapat KTP Malaysia
Foto Penyebab Warga Lumbis Ogong Lebih Mudah Dapat KTP Malaysia

URI.co.id, Balikpapan – Anggota Komisi II DPR RI, Hetifah Sjarifudian kaget saat meninjau lokasi perbatasan Indonesia – Malaysia di Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Perjalanan menuju kawasan itu dari ibu kota Kabupaten Nunukan membutuhkan waktu tempuh hingga 10 jam perjalanan laut dan darat.

"Jauh sekali dan melelahkan, butuh waktu hingga 10 jam dari Nunukan menuju Lumbis Ogong," kata Hetifah, Senin (8/8/2016).

Hetifah mengatakan Lumbis Ogong merupakan kecamatan di Nunukan yang berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia. Perjalanan harus ditempuh dari penerbangan Balikpapan – Tarakan hingga Nunukan.

"Setelah dari Pulau Nunukan, dilanjutkan dengan perjalanan menumpang kapal long boat dan perjalanan darat selama 10 jam menuju Lumbis Ogong," ujar dia.

Hetifah menyebutkan kondisi sarana prasarana umum bagi kecamatan seluas 154 ribu hektare yang dihuni ratusan jiwa penduduk perbatasan sangat minim. Kondisi tersebut membuat penduduk perbatasan sangat tergantung dengan negara tetangga Malaysia.

"Mereka mendapatkan suplai kebutuhan dengan berniaga di Malaysia," papar dia.

Menurut dia pemerintah sebenarnya sudah mengalokasikan anggaran triliun rupiah untuk pembangunan seluruh kawasan perbatasan Indonesia. Pada 2016 ini saja ada alokasi bagi kawasan perbatasan sebesar Rp 180 miliar tersebar di sejumlah kementerian terkait.

(uri/ian/iratmaja/FF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id