Mengenal Sistem Pengunci Layar Android dari Waktu ke Waktu | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Mengenal Sistem Pengunci Layar Android dari Waktu ke Waktu

Mengenal Sistem Pengunci Layar Android dari Waktu ke Waktu
Foto Mengenal Sistem Pengunci Layar Android dari Waktu ke Waktu

JAKARTA – Bagi para pengguna, melindungi data-data pribadi yang tersimpan di smartphone adalah suatu kewajiban. Untuk itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat memberikan perlindungan tersebut.

Bagi pengguna Android, disediakan beragam metode yang dapat dipakai untuk mengunci layar, seperti pola, pin, gestur, kata kunci, sidik jari, hingga yang terakhir pemindai mata. Namun, tahukah Anda, kapan sistem ini disematkan dalam sebuah ponsel?

Seperti yang Okezone kutip dari berbagai sumber. Sejak pertama diluncurkan, Android telah mengaplikasikan beragam sistem pengunci layar. Pada Android generasi pertama, Google belum menerapkan sistem lockscreen berbasis gestur. Pengguna hanya perlu menekan tombol menu untuk membuka layar.

Kemudian, di Android 2.0, kunci layar berbasis gestur mulai diperkenalkan. Di sistem ini, terdapat dua menu yang bisa digunakan. Menu pertama difungsikan untuk membuka layar, menu kedua diperuntukkan untuk mengatur volume.

Selanjutnya, di Android versi 3.0, ikon gembok mulai diperkenalkan. Sistem ini memungkinkan pengguna membuka layar hanya dengan menggeser gembok di luar lingkaran.

 

Untuk Android versi 4.0, menu unlock screen juga menyediakan akses langsung ke kamera. Sistem seperti ini, masih dipertahankan hingga saat ini.

Di luar sistem pengunci layar yang konvensional, terdapat pula metode pemindai sidik jari dan iris scanner. Sistem pemindai sidik jari, pertama kali diperkenalkan oleh Motorola pada 2011. iPhone 5s menjadi ponsel pertama yang menggunakan metode ini.

 

Sementara itu, teknologi pemindai iris, pertama kali diperkenalkan oleh smartphone Fujitsu di 2015. Metode ini kemudian diaplikasikan oleh vendor lain, seperti misalnya Samsung. (kem)

(uri/srar/tah/II)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id