Anggaran Pengelolaan Limbah Medis RSUP Kariadi Tembus Rp 1,3 Miliar per Tahun | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Anggaran Pengelolaan Limbah Medis RSUP Kariadi Tembus Rp 1,3 Miliar per Tahun

Anggaran Pengelolaan Limbah Medis RSUP Kariadi Tembus Rp 1,3 Miliar per Tahun
Foto Anggaran Pengelolaan Limbah Medis RSUP Kariadi Tembus Rp 1,3 Miliar per Tahun

URI.co.id, SEMARANG – Manajemen Rumah Sakit Umum Pusat dr Kariadi Semarang menggelontorkan dana Rp 1,3 miliar per tahun untuk pengelolaan limbah medis.

Jumlah tersebut merupakan nilai kontrak rumah sakit dengan pihak ketiga sebagai pengelola limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Kariadi, Darwito, menjamin keamanan pengelolaan limbah medis karena pengelolalanya mendapat rekomendasi Kementerian Lingkungan Hidup.

“Sejak awal kami memisahkan antara limbah infeksius dan noninfeksius,” ujar Darwito kepada URI.co.id Jateng pekan lalu.

Ia memastikan tidak ada sampah medis yang dapat diambil oleh oknum tertentu. Apalagi sebagai rumah sakit terakreditasi nasional dan internasional, faktor keamanan pasien menjadi yang utama.

Darwito menegaskan, jika ada oknum pegawai yang nakal akan langsung dipecat. Pihaknya sudah mempunyai sistem pengawasan untuk para pegawainya.

Untuk pengelolaan sampah infeksius, pihak rumah sakit memberlakukan aturan ketat. Mulai dari ruangan, limbah medis dimasukkan ke plastik khusus berwarna kuning. Setiap limbah medis yang keluar ruangan dibuatkan berita acara.

(uri/sthi/aharani/EM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id