Ternyata Kyoto Jepang Jadi Target Pertama Bom Atom AS pada Perang Dunia II | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Ternyata Kyoto Jepang Jadi Target Pertama Bom Atom AS pada Perang Dunia II

  • Reporter:
  • Jumat, Oktober 7, 2016
Ternyata Kyoto Jepang Jadi Target Pertama Bom Atom AS pada Perang Dunia II
Foto Ternyata Kyoto Jepang Jadi Target Pertama Bom Atom AS pada Perang Dunia II

URI.co.id, TOKYO – Jatuhnya bom atom di Hiroshima 6 Agustus 1945 sebenarnya jadi pilihan kedua.

Sebelumnya ditargetkan ternyata Kyoto yang akan dibom pihak sekutu terutama Amerika Serikat (AS).

Berbagai dokumen rahasia yang diungkap baik oleh Jepang maupun Amerika Serikat selama ini, juga beberapa dokumen yang diteliti URI.co.id beberapa hari terakhir, mengungkapkan sebenarnya Kyoto lah yang jadi target utama pengeboman pihak AS untuk menjatuhkan bom atom kedua kali di dunia, setelah Meksiko.

Memang ada 17 target kota yang akan diserang bom atom AS saat diskusi dimulai 27 April 1945. Masing-masing adalah Tokyo Bay, Kawasaki, Yokohama, Nagoya, Osaka, Kobe, Kyoto, Hiroshima, Kure, Yawata, Kokura, Shimosenka, Yamaguchi, Kumamoto, Fukuoka, Nagasaki, dan Sasebo.

Tokyo sudah pasti tak jadi dibom karena sebelumnya telah dibombardir dengan bom biasa oleh AS. Praktis Tokyo lumpuh. Namun karena AS melihat Jepang masih ‘bandel’ belum mau menyerah, maka diputuskan menjatuhkan bom atom.

Jenderal Leslie Richard Groves, kepala Proyek Manhattan, keras kepala agar Kyoto dibom pertama karena jumlah populasi cukup banyak, karena pernah menjadi ibukota Jepang, hilir mudik kereta api sambungan ke berbagai kota, dan diperkirakan akan berdampak luas menghancurkan moral warga Jepang.

(uri/Akbar/M)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id