Sri Mulyani Klarifikasi Pidato Presiden Jokowi soal Penggunaan APBD | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Sri Mulyani Klarifikasi Pidato Presiden Jokowi soal Penggunaan APBD

Sri Mulyani Klarifikasi Pidato Presiden Jokowi soal Penggunaan APBD
Foto Sri Mulyani Klarifikasi Pidato Presiden Jokowi soal Penggunaan APBD

URI.co.id, JAKARTA –Menteri Keuangan Sri Mulyani mengklarifikasi pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut bahwa semua daerah harus segera mengeluarkan anggaran pendapatan dan belanja daerah yang tersimpan di bank.

Sri Mulyani menjelaskan, saat ini ada daerah yang sektor swastanya minim sehingga perekonomian di daerah itu sangat bergantung pada APBD yang sudah dibelanjakan.

Namun, ada juga daerah yang sektor swastanya sudah maju sehingga perekonomian dapat bergerak tanpa harus bergantung APBD, salah satunya DKI Jakarta.

“Kalau daerah seperti di DKI Jakarta ini, mungkin APBD-nya hanya satu bagian saja dibandingkan dengan aktivitas swasta dan masyarakat yang luar biasa banyak. Jadi ini mungkin tidak sangat mengganggu, tidak menjadi betul-betul motor yang sangat dibutuhkan,” kata Sri Mulyani, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/8/2016).

Hal yang dimaksud Jokowi agar anggaran segera digunakan, lanjut Sri, adalah daerah-daerah dengan sektor swastanya minim.

Jika daerah seperti ini tak menggunakan APBD yang sudah disediakan dengan baik, Presiden khawatir perekonomian akan terganggu.

“Ini betul-betul agar uang yang dikumpulkan dan kemudian disalurkan itu bisa digunakan setepat mungkin khususnya bagi masyarakat miskin supaya mereka bisa mendapat manfaat. Itu mungkin klarifikasi yang paling penting,” ujar mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

(uri/sthi/aharani/EM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id