Mahasiswa Untad Minta Kemeristek Dikti Copot Rektornya | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Mahasiswa Untad Minta Kemeristek Dikti Copot Rektornya

Foto Mahasiswa Untad Minta Kemeristek Dikti Copot Rektornya

Uri.co.id (Mahasiswa Untad Minta Kemeristek Dikti Copot Rektornya) , JAKARTA – Aliansi Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) meminta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi agar memecata Rektor Untad, Prof Muhammad Basir.

Hal tersebut disampaikan melalui petisi berjudul Pecat Rektor Universitas Tadulako sebagai dalang Tragedi Berdarah 7 Maret di laman change.org. Mereka menganggap Prof Basir tidak lagi pantas memimpin kampus mereka.

Pembuatan petisi tersebut dilatarbeakangi atas insiden pada tanggal 7 maret 2016 di lingkungan kamus Untad. Insiden penganiayaan, pengrusakan dan penjarahan oleh kelompok masyarakat bersama satpam kampus itu berakibat jatuhnya korban luka-luka hingga kritis dan korban materil, berupa pembakaran sejumlah motor mahasiswa.

Para mahasiswa yang tergabung dalam aliansi menganggap Rektor Basir bertanggung jawab penuh atas tragedi tersebut. Aksi represif terhadap di kampus Untad telah terjadi daalm lima tahun terakhir.

Para mahasiswa dilarang melakukan aktivitas pada malam hari. Karena itu, mereka kerap mendapat intimidasi hingga tindakan kekerasan dari pihak keamanan kampus. Puncaknya pada 7 Maret lalu, dimana masyarakat sekitar juga turut terlibat menyerang sekretariat lembaga kemahasiswaan.

Karena itu, para mahasiswa berharap, penggantian Rektor yang baru kami harapkan dapat membawa warna baru pada Universitas Tadulako, diantaranya:

1. Pembuatan aturan kampus yang lebih demokratis dan melibatkan semua kelembagaan mahasiswa

2  Lingkungan kampus yang aman dan kondusif tanpa represif

3. Bangkitnya Semangat dan Motivasi baru semua mahasiswa dari trauma berkepanjangan(red/udha/anggala/utri/YMP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id