Pascakudeta, Turki Angkat 99 Jenderal dan Laksamana Baru | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Pascakudeta, Turki Angkat 99 Jenderal dan Laksamana Baru

  • Reporter:
  • Sabtu, September 17, 2016
Pascakudeta, Turki Angkat 99 Jenderal dan Laksamana Baru
Foto Pascakudeta, Turki Angkat 99 Jenderal dan Laksamana Baru

ANKARA – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan melalui dewan militer Turki, mengangkat 99 kolonel menjadi jenderal dan laksamana baru pada Kamis, 28 Juli 2016. Kenaikan jabatan tersebut berdasarkan promosi dari Dewan Tinggi Militer. Sementara 48 jenderal lama dipensiunkan dini.

Langkah ini diambil sebagai realisasi ucapan pemerintah untuk merombak besar-besaran angkatan militernya, sebagai dampak dari kudeta gagal pada 15-16 Juli. Mengingat, hampir 1.700 personel militernya juga sudah dipecat, dan 40 persen di antaranya menjabat jenderal dan laksamana.

Juru bicara Kepresidenan, Ibrahim Kalin mengatakan, yang banyak diganti hanya setingkat jenderal saja. Sementara Kepala Staf Angkatan Bersenjata Turki, Jenderal Hulusi Akar, tetap pada posisinya. Demikian yang diwartakan Reuters, Jumat (29/7/2016).

Adapun Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata, Jenderal Yasar Guler, ditunjuk menjadi komandan pasukan Gendarmerie (Unit Khusus Polisi) Turki. Sedangkan posisi lama Guler, akan diisi Jenderal Umit Dundar yang sebelumnya memimpin Tentar Pertama Turki.

Dipimpin oleh Perdana Menteri Binali Yildirim, rapat tahunan Dewan Tertinggi Militer itu juga memberi kenaikan pangkat bagi 16 jenderal dan laksamana. Di samping itu, sebanyak 20 jenderal dan laksamana lain diperpanjang masa bertugasnya hingga setahun. (Sil)

(uri/Akbar/M)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id