Kukar Akan Bangun Bandara di Pulau Kumala | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Kukar Akan Bangun Bandara di Pulau Kumala

Kukar Akan Bangun Bandara di Pulau Kumala
Foto Kukar Akan Bangun Bandara di Pulau Kumala

URI.co.id, TENGGARONG — BUPATI Kutai Kartanagera Rita Widyasari ingin mewujudkan mimpi almarhum ayahnya, Syaukani Hasan Rais. Keinginan Syaukani yang belum terwujud yakni pengembangan Pulau Kumala dan pembangunan Bandara Loa Kulu. Dua megaproyek tersebut memang sejak lama diimpukan Syakani saat masih menjabat sebagai Bupati Kukar.

Rita berencana menambah sejumlah wahana sebagai daya pikat dari Pulau Kumala yang saat ini dikelola Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kukar. Pulau Kumala mulai ramai sejak dibangun akses jembatan pedestrian dan dibuka secara resmi pada 22 Maret 2016.

Ke depan, Rita ingin menambahkan sejumlah wahana, seperti mini zoo dan waterboom. Pemkab Kukar tetap melibatkan investor untuk mengelola Pulau Kumala. Kawasan wisata di tengah kota ini akan dikembangkan menjadi kawasan edukasi, permainan dan pertanian.

BPKAD tengah menyiapkan anggaran Rp 300 juta untuk menyusun masterplan dengan menyewa konsultan dari Jakarta. Bahkan, PT Gunung Bayan berminat untuk membangun waterboom di Pulau Kumala.

Perawatan Pulau Kumala sendiri menelan anggaran Rp 1,56 miliar dalam setahun kemarin. Aset Pulau Kumala sendiri bernilai Rp 700 miliar. Untuk mini zoo, Rita memastikan akan segera direalisasikan.

“Saat ini pembangunan mini zoo masih dalam proses, ” kata Rita ditemui usai mengantar jenazah ayahnya di Pemakaman Kelambu Kuning, Kamis (28/7).

Sedangkan rencana pembangunan Bandara Loa Kulu yang lokasinya berada di Desa Jongkang bakal sulit direalisasikan dalam waktu dekat. Rita sempat berbicara dengan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Bandara baru di Samarinda bakal dioperasikan pada 2017.

(uri/arta/aharja/cu/KRU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id