Juku Tech Teknologi Indonesia Untuk Meningkatkan Produktivitas Perikanan | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Juku Tech Teknologi Indonesia Untuk Meningkatkan Produktivitas Perikanan

Juku Tech Teknologi Indonesia Untuk Meningkatkan Produktivitas Perikanan
Foto Juku Tech Teknologi Indonesia Untuk Meningkatkan Produktivitas Perikanan

URI.co.id, JAKARTA — Sahabat Pulau, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di Indonesia di bidang pemberdayaan berbasis sosial-kewirausahaan bagi perempuan pesisir dan pemberdayaan berkelanjutan, menyadari kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas perikanan di Indonesia, yang selanjutnya dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan Indonesia.

Saat ini sebagian besar nelayan Indonesia masih menangkap ikan secara tradisional tanpa bantuan teknologi.

Mereka pergi ke laut menangkap ikan tanpa mengetahui lokasi mana yang menjadi tempat terbaik dengan memiliki banyak ikan, sehingga mereka harus berkeliling di laut dan menghabiskan banyak bahan bakar.

Sementara jika mereka menangkap ikan dari rumpon pun, mereka juga masih tidak mengetahui rumpon mana dengan memiliki banyak ikan.

Hendriyadi Bahtiar, Pendiri sekaligus dan Penasihat Sahabat Pulau menjelaskan bahwa organisasinya menyadari kebutuhan untuk menerapkan teknologi dalam rangka peningkatan produktivitas perikanan.

Sahabat Pulau kemudian mengembangkan prototipe perangkat berbasis mikro kontoler Intel bernama Juku Tech yang bertujuan untuk membantu nelayan meningkatkan jumlah tangkapan ikan.

“Perangkat Juku Tech terdiri dari modul mikro kontroler Intel dan baterai yang ditempatkan di rumpon. Module Intel memiliki fungsi sensor akan mengumpulkan informasi tentang ketersediaan ikan di sekitar rumpon dan kemudian akan mengirimkan informasi ke komputer server, yang akan diteruskan ke nelayan melalui SMS. Setelah menerima informasi, para nelayan akan pergi ke rumpon dan kemudian menangkap ikan,” kata Hendri dalam rilisnya, Kamis (28/7/2016).

(uri/ngga/ndrawan/AI)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id