Menlu China-AS Bertemu di Tengah Ketegangan LCS | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Menlu China-AS Bertemu di Tengah Ketegangan LCS

Menlu China-AS Bertemu di Tengah Ketegangan LCS
Foto Menlu China-AS Bertemu di Tengah Ketegangan LCS

VIENTIANE – Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi dilaporkan telah bertemu dengan Menlu Amerika Serikat (AS), John Kerry di tengah ketegangan Laut China Selatan (LCS) pasca-keputusan PCA atau pengadilan tetap arbitrase internasional.

Sebagaimana dikutip dari NHK, Selasa (26/7/2016) kedua Menlu tersebut bertemu pada Senin 25 Juli 2016 dalam rangkaian Pertemuan Menteri ASEAN (AMM) yang diadakan di Vientiane, Laos.

(Baca Juga: APHI anjurkan semua pihak hormati putusan PCA terkait sengketa LCS)

Dilaporkan, Menlu Wang sempat mengatakan kepada para reporter yang menghadiri pertemuan tersebut, bahwa posisi China terkait LCS tidak akan berubah.

Menlu Wang menegaskan Negeri Tirai Bambu tidak menerima hasil putusan dari PCA di Den Haag, Belanda yang menyatakan China tidak memiliki hak klaim wilayah di LCS.

Menlu Wang menambahkan, kasus sengketa LCS tersebut diajukan secara sepihak oleh Filipina.

Sedangkan Menlu Kerry sendiri ketika ditanyakan terkait sengketa LCS, menolak menjawab pertanyaan dari para reporter. Namun, secara umum pemerintah AS sendiri sudah mendesak China untuk mengikuti putusan dari PCA.

Dilaporkan, pada pertemuan antara para Menlu anggota ASEAN serta China, Wang Yi, sempat memaparkan bahwa ketegangan di LCS tercipta akibat adanya intervensi dari ‘pihak luar’.

(uri/amanhuri/uhri/DZ)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id