Perdana, Pasukan Khusus AS Terima Tentara Perempuan | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Perdana, Pasukan Khusus AS Terima Tentara Perempuan

Perdana, Pasukan Khusus AS Terima Tentara Perempuan
Foto Perdana, Pasukan Khusus AS Terima Tentara Perempuan

WASHINGTON – Dalam waktu dekat, Pasukan Khusus Amerika Serikat (AS) akan memiliki dua tentara perempuan pertama. Kedua kandidat perempuan tadi akan segera menjalani pelatihan pasukan elite yang dikenal dengan nama Green Berets (Baret Hijau) tersebut.

"Ada dua kandidat perempuan yang terpilih menjalani pelatihan sebagai anggota Pasukan Khusus," ujar Juru Bicara Sekolah Militer AS, John F. Kennedy Special Warfare Center and School, Major Melody Faulkenberry, seperyi dilansir AFP, Selasa (26/7/2016).

Penerimaan dua kandidat perempuan ini merupakan lanjutan dari dihapusnya larangan menempatkan pasukan perempuan dalam tugas pertempuran. Pada 2013, Pemerintahan Presiden AS Barack Obama memutuskan bahwa semua posisi tempur turut dibuka bagi perempuan per 2016, termasuk infantri dan pasukan operasi khusus.

Marinir AS meminta pengecualian. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh Menteri Keamanan AS Ashton Carter.

Dua marinir perempuan ditugaskan di sebagai pasukan infantri di garis depan pada Mei 2016. Meski demikian, akan butuh beberapa waktu sebelum mereka benar-benar ditempatkan di posisi baru tersebut. Pasalnya, aturan menyebutkan, kader pemimpin perempuan harus ditempatkan di unit mereka sejak tiga bulan sebelumnya.

Meski tentara perempuan telah sering terlibat dalam berbagai pertempuran di Irak dan Afganistan, mereka sebelumnya telah dilarang untuk bergabung sebagai pasukan garis depan.

Saat ini, 15,6 persen dari 1.34 juta tentara aktif AS adalah wanita. Mereka tersebar di Angkatan Darat, Marinir, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. (rfa)

(uri/ni/ursalikah/AN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id