Pembalap 9 Tahun Naik Podium, 142 Starter Ikut YCR Purwokerto | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Pembalap 9 Tahun Naik Podium, 142 Starter Ikut YCR Purwokerto

Pembalap 9 Tahun Naik Podium, 142 Starter Ikut YCR Purwokerto
Foto Pembalap 9 Tahun Naik Podium, 142 Starter Ikut YCR Purwokerto

URI.co.id – Tercatat 142 starter atau peserta dari total 10 kelas ambil bagian dalam perhelatan seri pertama Yamaha Cup Race 2016 (YCR 2016) yang diselenggarakan di Sirkuit GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah, Minggu (24/7) sore.

Jumlah itu fantastis karena memang di YCR 2016, panitia tidak menghadirkan kelas-kelas matik ataupun motor sport. Di luar itu, fakta spesial lainnya adalah bahwa dari total 142 starter tersebut terdapat 32 pebalap yang berusia 16 tahun ke bawah.

Bahkan, ada yang di antaranya berusia 8-10 tahun. Mereka bertarung di kelas YCR5 (Moped 150 cc Std Pemula B < 16 Tahun) ataupun YCR6 (Moped 125 cc Std Pemula B < 16 Tahun).

Catatan ini menunjukkan bahwa pembinaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menjadi acuan rider-rider muda yang datang dari berbagai penjuru Indonesia, mulai dari Yogyakarta, Pati, Kudus, Wonosobo, Surabaya, Lamongan, Probolinggo, hingga Sampang.

“Tagline baru Yamaha Cup Race 2016 yaitu dream become reality bersinergi dengan animo pebalap cilik. Potensi dan peluang mereka untuk mewujudkan mimpi semakin terbuka ketika mereka mengawali karir balap lebih dini,” kata M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang ikut hadir di YCR 2016 Purwokerto.

Salah satu binaan potensial Yamaha adalah Aldy Satya Mahendra yang masih berusia 9 tahun. Ia dapat meraih podium ke-3 kelas YCR6. Aldy ialah adik kandung dari pebalap senior binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama, yang konsen di balap Asia (ARRC 2016).

Racer-racer belia potensial tersebut sebelumnya telah mengikuti coaching-clinic yang diberikan Galang sendiri. Galang yang terpilih dalam program The Master Camp VR46 menularkan ilmu balap yang didapat di Italia saat menjadi murid Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy.

Lebih dari 15.000 orang memadati area GOR Satria. Tidak hanya menyaksikan balap, mereka juga disuguhi berbagai acara hiburan, promosi penjualan, games, dan lain-lain. Bahkan, hadir pula para pejabat muspida tingkat II Kabupaten Banyumas, di antaranya Bupati dan Ketua DPRD Banyumas, termasuk Ketum Pengprov IMI Jateng.

“Untuk kesekian kalinya Yamaha Cup Race hadir di kota Purwokerto. Animo penonton juga luar biasa. Mereka menikmati pertarungan yang menarik di berbagai kelas. Termasuk adanya kelas baru YCR7 yaitu Moped Retro 2 Tak 110 cc Open yang menggunakan F1Z ataupun F1ZR. Selain kategori utama, kelas ini pun ada hadiah motor untuk juara umumnya,” tutur Supriyanto, Manager Motor Sports YIMM yang pastinya hadir di YCR 2016 Purwokerto.

Adapun YCR7 diikuti Hendra Eenk, rider asal Kalimantan dari tim SART IKM4B dan mampu meraih podium juara pada penampilan pertamanya di trek GOR Satria Purwokerto.

Menyangkut jalannya kompetisi di level seeded atau senior, duet racer tim asal Jatim, Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing mendominasi podium juara kelas MP1 (150 cc) dan MP2 (125 cc).

Dicky Ersa dan Sulung Giwa yang sebelumnya menguasai Kejurnas Motorprix 2016 region II (Jawa) di Wonosari, Yogyakarta pada dua Minggu lalu terbukti begitu dominan mengalahkan rival-rivalnya.

Tentunya, jalannya acara YCR 2016 Purwokerto tidak lepas dari para sponsor pendukung, yaitu Yamalube, Sakura, KYB, DID, NGK dan Ban IRC.

Seri ke-2 YCR 2016 menurut rencana akan dihelat awal September nanti di Jawa Barat sebelum masuk sesi final di Jatim.

(uri/ni/ursalikah/AN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id