Tour de Singkarak 2016 Siap Raup Jutaan Wisman | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Tour de Singkarak 2016 Siap Raup Jutaan Wisman

Tour de Singkarak 2016 Siap Raup Jutaan Wisman
Foto Tour de Singkarak 2016 Siap Raup Jutaan Wisman

MENTERI Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Ketua PB ISSI Rajasapta meresmikan lomba Tour de Singkarak 2016

"Sumatera Barat tidak memiliki industri minyak atau gas. Maka kami meningkatkan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian dan infrastruktur. Maka Sumbar mengoptimalkan pariwisata menjadi andalan," ujar Iwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat di Balairung Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian Pariwisata, Senin 25 Juli 2016.

Ini kali ke-8, Tour de Singkarak diselenggarakan dan berlangsung di Sumatera Barat pada 6-14 Agustus 2016.

Hadirnya TdS ini mampu mempercepat pengembagan fasilitas infrastruktur Sumbar, serta mendukung Program Pesona Indonesia dalam mewujudkan peningkatan wisatawan mancanegara dan wisatawan asing.

Melalui event ini, TdS dapat menjadi medium yang potensial untuk memenuhi program Pesona Indonesia, yakni mendatangkan 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 260 juta wisatawan nusantara di Tanah Air.

Selain menpromosikan tempat wisata di daerah setempat, TdS dapat meningkatkan ekonomi masyarakat daerah.

"Sisi lain gencarnya pemberitaan TdS 2016 akan memiliki media value yang tinggi," kata Menpar Arief Yahya. Tak hanya Tour de Singkarak event serupa seperti Tour Banyuwangi Ijen, Tour de Bintan, Tour de Flores, hingga Jakarta Marathon diadakan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Iwan Prayitno juga menambahkan, berkat Tour de Singkarak , mampu memberikan kontribusi pengembangan wilayah selama 8 tahun terakhir.

"Peningkatan arus kunjungan wisatawan yang tahun 2015 lalu sebanyak 6,9 juta wisnus dan 78.274 wisman, sedangkan target tahun 2016 ini meningkat 7,4 juta wisnus dan 85 ribu wisman," ungkap Iwan.

Pelaksanaan Tour de Singkarak 2016 mengambil start dari Solok dan berakhir di Kota Padang. Sebanyak 23 tim (18 tim internasional dan 5 tim nasional) akan bertanding menjelajahi 8 stage sepanjang 1.102,7 km.

Di sinilah para peserta dapat menikmati beragam obyek wisata alam (nature), budaya (culture), dan buatan (manmade) sebagai daya tarik destinasi wisata Sumatera Barat. (jjs)

(uri/ni/ursalikah/AN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id