Yogyakarta Market Bencana, Dari Tsunami sampai Gunung Meletus | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Yogyakarta Market Bencana, Dari Tsunami sampai Gunung Meletus

Yogyakarta Market Bencana, Dari Tsunami sampai Gunung Meletus
Foto Yogyakarta Market Bencana, Dari Tsunami sampai Gunung Meletus

URI.co.id, YOGYAKARTA – Indonesia merupakan daerah sangat rawan bencana karenanya seluruh elemen harus waspada dan siap siaga, tak terkecuali Badan SAR Nasional.

Sebagai ujung tombak penanganan bencana di Indonesia, Basarnas terus membangun kapasitas di antaranya membagi informasi dengan Insarag (International Search and Rescue Advisory Group), badan SAR lingkup internasional.

“Basarnas membangun capacity lewat sharing informasi dengan Insarag. Jadi bisa diketahui apa yang kurang dari Basarnas kita siapkan,” ujar Kabasarnas Marsekal Madya FHB Sulistyo saat membuka Insarag Asia Pacific Regional Earthquake Response Excercise 2016 di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Senin (25/7/2016).

Kabasarnas menambahkan nantinya bukan hanya pasif, Basarnas Indonesia ke depan akan aktif dalam penanganan kebencanaan nasional sebagai wujud komitmen Indonesia terhadap kemanusiaan.

Terpilihnya Yogyakarta sebagai tempat pelatihan yang diikuti 24 negara tersebut juga karena Yogyakarta adalah salah satu daerah dengan potensi bencana yang tinggi.

“Di sini lengkap seperti market bencana gempa, vulcano (letusan gunung berapi), tsunami, banjir bahkan longsor,” tambah Sulistyo.

Menurut dia semua bencana itu tidak bisa dihindari, kecuali kita mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ia berharap agenda ini menambah informasi apa yang harus dilakukan ke depan.

(uri/aufik/ahman/TR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id