4 Langkah Menjaga Keuangan Rumah Tangga Selalu Sehat | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

4 Langkah Menjaga Keuangan Rumah Tangga Selalu Sehat

4 Langkah Menjaga Keuangan Rumah Tangga Selalu Sehat
Foto 4 Langkah Menjaga Keuangan Rumah Tangga Selalu Sehat

URI.co.id – Uang memang bukan segalanya, tapi jika kita mengabaikan keuangan keluarga, hasilnya bisa menjadi fatal.

Untuk itu, penting untuk setiap pasangan bersama-sama menjaga arus kas rumah tangga agar selalu sehat.

Pertama, buatlah catatan arus keuangan Anda secara rutin. Catatlah semua pendapatan Anda dalam periode satu bulan dan pengeluaran Anda di periode yang sama.

Perencana keuangan dan Direktur OneShildt Financial Planning Budi Raharjo menyebut, dengan membuat catatan pengeluaran, seseorang bisa mengetahui mana pengeluaran yang dilakukan karena memang penting serta mana pengeluaran yang dilakukan lantaran emosional.

Pengeluaran emosional biasanya merupakan pengeluaran yang tidak direncanakan, bersifat impulsif dan bisa terjadi berulang-ulang secara otomatis.

Bila orang tersebut sudah menyadari mana pengeluaran yang berdasarkan kebutuhan dan mana yang berdasarkan emosi, ia akan bisa mengendalikan keuangannya lebih baik.

Kedua, beri prioritas pada pengeluaran tersebut, mana yang sifatnya kebutuhan, mana yang penting dan mana yang konsumtif. Kebutuhan pokok merupakan kebutuhan terkait sandang, pangan, papan. Kebutuhan penting antara lain kebutuhan pendidikan dan kesehatan. Sedang kebutuhan konsumtif biasanya terkait dengan kesenangan.

Ketiga, lakukan evaluasi pada arus kas. Jika ternyata Anda menemukan arus kas bermasalah, perbaiki segera.

Keempat, konsistensi. Setelah Anda mengubah dan memperbaiki arus kas Anda, pastikan Anda bisa secara konsisten menjalankan revisi arus kas Anda tadi. Jangan sampai arus kas Anda kembali bermasalah.

(Francisca Bertha Vistika/kontan.co.id)

(uri/ndah/ulandari/IW)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id