Fotonya Dicatut, Farah Quinn Polisikan E-Commerce | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Fotonya Dicatut, Farah Quinn Polisikan E-Commerce

Foto Fotonya Dicatut, Farah Quinn Polisikan E-Commerce

Uri.co.id (Fotonya Dicatut, Farah Quinn Polisikan E-Commerce) , JAKARTA – Farah Quinn dibuat geram dengan ulah sebuah produsen alat masak. Bagaimana tidak, fotonya dengan senenaknya dicatut perusahaan tersebut untuk sebuah iklan pisau dan wajan yang dipasarkan disitus belanja online.

Pihak Farah Quinn sebenarnya sudah melakukan peneguran berupa somasi sebanyak tiga kali sejak mengetahui foto tersebut pada 4 September 2015. Namun perusahaan alat masak tersebut (e-commerce) tidak pernah menanggapinya.

Karena tak pernah ada tanggapan, Chef yang kerap berpenampilan seksi inipun akhirnya melaporkan perbuatan e-commerce ke Polda Metro Jaya.

“Sebelum melaporkan kami lakukan somasi dulu sebanyak tiga kali somasi hingga Februari 2016. Pada 16 maret 2016 kami sudah mengajukan laporan tindak pidana ke Polda Metro Jaya dan melakukan laporan ke Dirjen HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) terkait dugaan pelanggaran hak cipta terkait foto,” ujar Farah Quinn, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2016).

Farah Quinn semakin dibuat kesal lantaran pihak perusahaan seakan saling lempar tanggung jawab. Diakuinya, foto yang digunakan perusahaan tersebut untuk keperluan iklannya merupakan hasil rekayasa foto Farah Quinn di sebuah cover buku kesehatan

“Mereka malah kesannya melempar tanggung jawab. Pihak merchant katanya yang mengedit dan upload iklan adalah e-commerce. Sementara mereka (e-commerce) bilangnya sudah apply sama semua yang berkaitan dengan HAKI,” sambung Farah Quinn kesal.

Farah dan tim kuasa hukum mengajukan laporan dugaan tindak pidana berdasarkan UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dengan ancaman kurungan penjara paling lama 8 tahun, dan denda maksimal Rp 2 miliar.

“Foto ini kan pelanggaran dari pekerjaan, biasanya kalau foto saya dipakai untuk promosi kan harus ada izin dan persetujuan dari saya. Dengan foto tanpa izin ini bisa mencemarkan nama baik saya,” terang Farah Quinn.(red/sthi/aharani/EM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id