Presiden Jokowi: 212 Ribu Koperasi di Indonesia, Hanya 52 ribu yang Aktif | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Presiden Jokowi: 212 Ribu Koperasi di Indonesia, Hanya 52 ribu yang Aktif

Presiden Jokowi: 212 Ribu Koperasi di Indonesia, Hanya 52 ribu yang Aktif
Foto Presiden Jokowi: 212 Ribu Koperasi di Indonesia, Hanya 52 ribu yang Aktif

URI.co.id, JAMBI – Presiden Joko Widodo menyayangkan jumlah koperasi di Indonesia mencapai 212 ribu tapi yang aktif hanya 52 koperasi.

“Ada 212 ribu koperasi, yang aktif hanya 52 ribu. Kita harus sampaikan apa adanya,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara puncak Hari Koperasi Nasional ke-69 di Jambi, Kamis (21/7/2016).

Presiden Jokowi meminta kondisi koperasi yang dikenal sebagai soko guru ekonomi harus diperbaiki. “Ini harus kita benahi,” tegas mantan Wali Kota Solo itu.

Ia menmbahkan saat ini Indonsesia sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dan koperasi harus mampu bersaing di tingkat Asia.

Presiden Jokowi meminta pengelompokkan koperasi yang aktif , begitu juga dengan UKM. Agar lebih mudah dibenahi dan diawasi perkembangannya.

“Yang bisa bergerak sekarang ini perusahaan yang mempunyai skala ekonomi. Negara saja bergabung. Uni Eropa bergabung, Asia bergabung. Kalau kita yang kecil, koperasi tidak bergabung, akan jadi apa?” kata dia.

“Saya hanya memberi catataan, ini bisa ditindaklanjuti Menteri Koperasi. Ini tantangan utama di era milenium. Perlu mengadptasi itu dengan mereformasi koperasi kita,” imbuh Presiden Jokowi.

(uri/ilal/amadhan/BR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id