PT INKA Laku Jual Gerbong Kereta ke Bangladesh, Ini Hasilnya | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

PT INKA Laku Jual Gerbong Kereta ke Bangladesh, Ini Hasilnya

Foto PT INKA Laku Jual Gerbong Kereta ke Bangladesh, Ini Hasilnya

Uri.co.id (PT INKA Laku Jual Gerbong Kereta ke Bangladesh, Ini Hasilnya) , JAKARTA – PT INKA berhasil menjual 150 gerbong kereta ke Bangladesh senilai USD 72,3 juta atau setara Rp 959,7 miliar dengan kurs saat ini.

Kereta ini merupakan pesanan Bangladesh dan dikirim melalui Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

PT INKA dianggap berhasil mengekspor produknya meski ke negara yang bukan mitra dagang Indonesia.

“Ekspor gerbong kereta sangat membanggakan dan ke depan diharapkan terus berlangsung, bahkan ekspor ke negara-Negara lain,” ujar Menteri Bambang di sela sambutan pelepasan ekspor gerbong kereta api di Surabaya, seperti dilansir Antara, Kamis (31/3/2016).

Pada pelepasan ekspor tahap pertama ini dikirim 15 unit gerbong kereta dan ditargetkan seluruh unit tiba di Bangladesh paling lambat akhir 2016.

Menurut dia, ekspor gerbong kereta api merupakan bukti dari PT INKA selaku BUMN yang mampu berkompetisi dan meraih pembeli dari negara yang bukan mitra dagang Indonesia.

“PT INKA mampu membuktikan bahwa Indonesia bisa mengekspor gerbong kereta api, serta menunjukkan bahwa memang sekarang dibutuhkan ekspor produk maupun destinasi ekspor baru,” ucapnya.

Pengiriman kereta penumpang yang dipesan ‘Bangladesh Railway’ ini, kata dia, menjadi momentum penting bagi PT INKA untuk mendorong upaya memenangkan tender internasional selanjutnya.

“Realisasi ekspor gerbong kereta ini membuktikan bahwa produksi dari PT INKA telah diakui di tingkat internasional dan berhasil menembus pasar ekspor dunia,” katanya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Perdagangan RI Thomas Trikasih Lembong, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta sejumlah direksi BUMN.

(red/itra/istya/ini/CLR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id