Ujian Nasional 2016: 6 Point Kisi-Kisi Soal Bahasa Geografi | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Ujian Nasional 2016: 6 Point Kisi-Kisi Soal Bahasa Geografi

Foto Ujian Nasional 2016: 6 Point Kisi-Kisi Soal Bahasa Geografi

Uri.co.id (Ujian Nasional 2016: 6 Point Kisi-Kisi Soal Bahasa Geografi) , JAKARTA- Bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan IPS yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN) 2016 pada 4 April mendatang, segera pahami materi yang akan di ujikan.

Melansir laman resmi Ujian Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kamis (31/3/2016), berikut ini kisi-kisi ujian nasioanl yang wajib dipelajari untuk mempermudah mengerjakan soal geografi.

1. Hakikat Geografi
Ada empat poin materi yang wajib dikuasai setiap siswa. Pertama, mengenai konsep geografi; kedua, pendekatan geografi; ketiga, prinsip geografi; dan keempat, aspek geografi. Soal-soal yang diberikan mencakup pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, serta penalaran dan logika.

2. Pembentukan Jagat Raya, Tata Surya, dan Bumi
Pada bab ini setiap siswa harus mampu memahami dan menguasai pembentukan jagat raya, tata surya, dan bumi sebagai planet. Selain mampu memahami, pelajari juga karakteristik setiap pembentukan dan latihan mengerjakan soal-soal berbentuk analisis.

3. Fenomena Geosfer
Terdapat empat hal yang wajib dipelajari, baik secara konsep, klasifikasi, maupun fenomenanya. Keempat lapisan itu meliputi atmosfer, hidrosfer, litosfer, dan biosfer.

4. Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Hal yang harus dikuasai secara konsep, aplikasi, dan analisis pada bab kependudukan dan lingkungan hidup mencakup kependudukan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan pembangunan berkelanjutan. Dari materi-materi tersebut, siswa juga harus bisa menguraikan dan memprediksi masalah dan upaya untuk mengatasinya.

5. Informasi Geografi
Pada bab informasi geografi hanya ada tiga yang harus dikuasai, yaitu peta, penginderaan jauh, dan sistem informasi geografis. Meski tidak banyak, bab ini membutuhkan pemahaman ekstra supaya tidak salah dalam menganalisis informasi geografi.

6. Kewilayahan
Beberapa hal yang wajib dikuasai pada bab kewilayahan yaitu pola keruangan, interaksi desa-kota, wilayah dan peeilayahan, pusat pertumbuhan, serta negara maju dan berkembang. Soal yang disajikan dalam bentuk pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.(red/ayu/ermawan/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id